Translate

YPMAK Benahi Pemberian Beasiswa Kepada Orang Asli Papua

Bagikan Bagikan
Kepala Biro Pendidikan YPMAK Fransiskus Xaverius Wanmang (Foto:SAPA/Jefri) 

SAPA (TIMIKA) - Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) terus membenahi  progam-program pendidikannya.

Kepala Biro Pendidikan YPMAK, Fransiskus Xaverius Wanmang mengungkapkan, sejak perubahan Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK) menjadi Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK), banyak hal yang perlu di evaluasi termasuk pemberian beasiswa kepada pelajar orang asli Papua mulai dari tingkat SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi.

Peserta beasiswa YPMAK saat ini sebanyak 3.000 lebih yang tersebar di beberapa daerah seperti di pulau Jawa, Papua dan bahkan di Luar Negeri yakni di German sebanyak dua orang.

"Dalam tahun 2021 YPMAK kita tidak membuka beasiswa untuk menambah peserta, kecuali peserta dari tingkat SMA yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yang tetap dibiayai YPMAK. Ini sesuai dengan keputusan YPMAK. Mungkin progam beasiswa ini akan berlanjut di tahun 2022, tergantung keputusan karena ini masih dalam proses transisi dan masih banyak yang dibenahi dan kita juga diminta untuk mengevaluasi secara keseluruhan program pendidikan yang ada di YPMAK," terangnya.

Pemberian beasiswa kepada pelajar orang asli Papua juga akan ditekan agar setiap peserta lebih giat dan fokus dalam menyelesaikan pendidikannya.

"Setiap pelajar harus mengikuti aturan yang berlaku dan semua diberikan waktu sesuai dengan standar pendidikan, jika melewati standar waktu kita akan hentikan beasiswa, termasuk peserta beasiswa yang berkeluarga akan dihentikan, apalagi peserta yang bermasalah," ujar Fransiskus.

Setiap tahun YPMAK melakukan evaluasi dan monitoring dengan turun ke lapangan untuk melihat secara langsung peserta beasiswa.

Untuk mengawasi para peserta (Pelajar), YPMAK bekerjasama dengan pihak sekolah sebagai pengawas. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar