Translate

Indonesia Basketball Festival Series Dimulai Dari Timika, Ketua Perbasi Sebut Dua Putra Papua Tergabung Dalam Timnas

Bagikan Bagikan

Ketua Umum Perbasi Danny Kosasih (Tengah), Asisten 1 Setda Mimika Syahrial (Kanan), VP Security & Risk Management PT Freeport Indonesia Arief Nasuha (Kiri) dan Sekretaris Umum KONI Mimika Caesar Avianto Tunya (Kiri Ujung) saat membuka secara resmi Indonesia Basketball Festival Timika Series yang digelar di Venue Basket MSC. (Foto: SAPA/ Jefri)


SAPA (TIMIKA)-Federation Internationale de Basketball atau Federasi Basket Internasional (FIBA) Asia Cup Indonesia menggelar rangkaian kegiatan menuju Road to FIBA Asia Cup yang akan dilaksanakan di Jakarta pada tanggal 12-24 Juli 2022.

Rangkaian kegiatan Indonesia Basketball Festival Series pertama dimulai di Timika Kabupaten Mimika.

Indonesia Basketball Festival Timika Series dilaksanakan di Venue Basket Mimika Sport Compleks (MSC) pada Jumat (7/1/2022) sore.

Pelaksanaan Indonesia Basketball Festival Timika Series didukung penuh oleh Pemerintah Kabupaten Mimika, PT Freeport Indonesia dan Bank Mandiri.

Ketua Umum Perbasi Danny Kosasih yang hadir dalam kesempatan itu mengatakan bahwa Mimika menjadi awal dalam pelaksanaan Indonesia Basketball Festival Series menunju Road to FIBA Asia Cup Indonesia tahun 2022.

"Timika menjadi satu awal bagi Indonesia Basketball Festival Series, karena kami percaya di Papua banyak bibit atlet yang dapat di gali," kata Danny.

Ketua Umum Perbasi itu juga sebut pada Timnas Basket Indonesia tergabung 2 putra asli Papua. Dari situ ia menyimpulkan bahwa Papua memiliki banyak atlet yang dapat dikembangkan.

Hal ini perlu disyukuri oleh masyarakat dikarenakan Mimika terpilih sebagai awal dari pelaksanaan Indonesia basketball Festival Series tahun 2022.

"Kita patut berbangga karena terpilihnya Kabupaten Mimika sebagai tempat pelaksanaan Indonesia Basketball Festival Tahun 2022. Hal ini tidak lepas dari sarana dan prasarana yang kita miliki dalam mendukung pelaksanaan ajang pemanasan menuju FIBA Asia Cup Indonesia 2022," ungkap Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Mimika, Ir. Syahrial dalam sambutannya.

Selain itu keberhasilan Kabupaten Mimika dalam melaksanakan event olahraga terbesar di Indonesia yaitu Pekan Olahraga Nasional menjadi salah satu penilaian tersendiri, apalagi cabang olahraga basket yang dilaksanakan di Mimika berjalan sukses.

Pemerintah Daerah terus berkomitmen mendukung perkembangan olahraga di Mimika hal ini dibuktikan dengan pembangunan sarana dan prasarana olahraga yang bertaraf internasional.

Disampaikan, stadion basket yang terintegrasi dalam kompleks yang dibangun oleh PT Freeport Indonesia juga membuktikan bahwa pihak swasta memiliki kepedulian dengan perkembangan olahraga di Mimika.

Menurut mantan Kepala Dinas Ketahanan Pangan itu, kedepan bukan tidak mungkin event olahraga nasional maupun internasional seperti panjat tebing, biliar maupun futsal bisa dilaksanakan di Mimika.

"Dengan seluruh fasilitas olahraga yang ada ini diharapkan akan melahirkan bibit-bibit muda potensial di masing-masing cabang olahraga khususnya di Mimika agar dapat berprestasi di kancah nasional maupun internasional," ujarnya.

Pelaksanaan Indonesia Basketball Festival Timika Series dibuka dengan pertandingan tim putri Kalaburin vs tim putri Bushgirl. Dalam pertandingan pembukaan tersebut tim putri Kalaburin menang 22:14 atas tim putri Bushgirl. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar