Translate

PT. Freeport Indonesia Dukung Indonesia Basketball Festival di Timika

Bagikan Bagikan
Situasi pembukaan Indonesia Basketball Festival di Timika yang digelar di Venue Basket Mimika Sport Complex yang dibuat oleh PT. Freeport Indonesia (Foto:SAPA/Abeth)

SAPA (TIMIKA) - Awal dari Indonesia Basketball Festival (IBF) Series menuju Road to FIBA Asia Cup yang akan dilaksanakan di Jakarta pada tanggal 12-24 Juli 2022, mulai berlangsung di Venue Basket Mimika Sport Complex (MSC) yang dibangun PT. Freeport Indonesia (PTFI), yang digelar tanggal 7-11 Januari 2022.

Vice Presiden Security & Risk Management PT. Freeport Indonesia, Arief Nasuha berharap penyelenggaraan IBF Series lebih memasyarakatkan basketball di Indonesia khususnya di Papua sehingga lebih banyak lagi talenta-talenta muda Papua yang membawa harum Papua untuk Indonesia melalui olahraga basket.

Dia mengatakan PTFI memiliki komitmen terhadap pengembangan olahraga di Papua salah satunya adalah dengan dibangunnya fasilitas olahraga Mimika Sport Complex oleh PT. Freeport Indonesia yang dapat melahirkan lebih banyak talenta-talenta muda di Papua pada bidang olahraga sepak bola, atletik maupun basket, yang dapat membawa nama Papua di kancah pertandingan baik di tingkat nasional maupun internasional.

"Pada pelaksanaan Indonesia Basketball Festival Timika Series tidak terlepas dari peran serta juga dukungan PTFI terhadap FIBA Asia Cup Indonesia 2022, apalagi Indonesia menjadi tuan rumah dalam perhelatan internasional ini," ungkap Arief dalam sambutannya pada pembukaan kegiatan, Jumat (7/1/2022).

Arief mewakili Manajemen PT. Freeport Indonesia mengapresiasi panitia serta semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan IBF Timika series.

"Kami mengucapkan selamat bertanding bagi peserta, kiranya juga dapat membangkitkan kembali semangat dan motivasi "Torang Bisa" bagi masyarakat Papua," kata Arief dalam mengakhiri sambutannya.

Hadir pada kesempatan tersebut, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Mimika, Ir. Syahrial dalam sambutannya mengungkapkan bahwa masyarakat harus mensyukuri dimana Kabupaten Mimika terpilih sebagai awal dari pelaksanaan IBF Series Tahun 2022.

Dia mengatakan, Pemerintah Daerah terus berkomitmen mendukung perkembangan olahraga di Mimika yang dibuktikan dengan adanya pembangunan sarana dan prasarana olahraga.

Menurut dia, venue Basket yang berada di dalam MSC yang dibangun oleh PTFI membuktikan bahwa pihak swasta memiliki kepedulian dengan perkembangan olahraga di Mimika.

"Kita patut berbangga karena terpilihnya Kabupaten Mimika sebagai tempat pelaksanaan Indonesia Basketball Festival Tahun 2022. Hal ini tidak lepas dari sarana dan prasarana yang kita miliki dalam mendukung pelaksanaan ajang pemanasan menuju FIBA Asia Cup Indonesia 2022," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Umum Perbasi Danny Kosasih mengaku bahwa di Papua banyak bibit atlet yang dapat dikembangkan. Dia bahkan menyebutkan ada 2 putra asli Papua yang tergabung dalam Timnas Basket Indonesia saat ini.

"Timika menjadi awal bagi pelaksanaan Indonesia Basketball Festival Series, karena kami percaya di Papua banyak bibit atlet yang dapat digali," ujarnya.

Untuk diketahui, IBF merupakan rangkaian dari Road to FIBA Asia Cup Indonesia 2022. Event ini merupakan kompetisi basket yang ditujukan sebagai pemanasan masyarakat menuju FIBA Asia Cup Indoenesia 2022. Ada lima kota yang akan menggelar IBF yakni Timika, Bali, Surabaya, Yogyakarta, dan terakhir Jakarta. Ajang ini dimulai pada 7 Januari hingga 26 Juni 2022 mendatang.

Dari setiap kota akan dicari pemenang dengan kategori usia 19-22 tahun untuk putra dan putri. Terdapat tiga series yang dihelat IBF yakni regional series, regional champions, dan championship series. (Jefri/Jimmy)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar