Translate

Ratusan Juta dari Pemkab Mimika untuk Pengadaan Tong Sampah jadi Sia-Sia

Bagikan Bagikan

Tiang yang digunakan untuk menggantung tong sampah hanya tersisa penutupnya karena tong sampah sudah dicopot OTK. (Foto-SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) -
Anggaran ratusan juta rupiah dari Pemkab Mimika yang dihabiskan untuk pengadaan tong-tong sampah di trotoar menjadi sia-sia, karna tong-tong sampah berbahan fiber itu kini telah dicopot oleh orang tak dikenal (OTK). 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mimika, Syahrial mengatkan bahwa pengadaan tong-tong sampah di trotoar dilakukan menjelang pelaksanaan PON XX Papua di Timika. Namun, sangat disayangkan tong-tong sampah itu sudah hilang dicopot oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

Padahal tong-tong sampah itu merupakan aset negara yang harus dijaga karena pengadaannya menghabiskan dana ratusan juta rupiah.

Tiang yang digunakan untuk menggantung tong sampah hanya tersisa penutupnya karena tong sampah sudah dicopot OTK. (Foto-SAPA/Acik)

“Itu persoalan prilaku yang tidak baik dari oknum tertentu. Kalau sudah begitu, tidak mungkin kita lakukan pengadaan lagi. Saya baru saja menjabat sebagai Plt Kepala DLH, tapi saya dengar-dengar informasi anggarannya sekitar 100 atau 200 juta lebih untuk pengadaan tong sampah itu. Kalau sudah dicopot, berarti sia-sia itu ratusan juta,” katanya kepada Salam Papua di Timika, Rabu (12/1/2022). 

Menurut dia, hal ini membuktikan tidak adanya kesadaran dan pemahaman sebagian warga terhadap kebersihan lingkungan. Padahal, tujuan diadakan tong sampah itu bukan hanya untuk memudahkan petugas DLH membersihkan sampah di kota Timika, tapi juga untuk kebaikan seluruh warga. Dalam hal ini, kalau lingkungan bersih maka masyarakat menjadi sehat. 

Pantauan Salam Papua, tong sampah trotor yang telah dicopot dan tinggal tiangnya ada di sepanjang Jalam Cenderawasih seperti di depan Hotel Emerald, Hotel Kamoro Tame, SMPK Bernadus,  depan Kantor Pelayanan Pajak Pratama dan di beberapa titik lainnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar