Translate

Atasi Penumpukan Sampah Plastik, Dinas PUPR akan Normalisasi Sungai di Timika

Bagikan Bagikan

Tumpukan sampah  di sungai antara Kantor Polres Mimika dan Hotel Timika Raya di Jalan Cendrawasih, Timika, Papua. (Foto-SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA)
- Untuk mengatasi penumpukan sampah plastik di wilayah Kota Timika, Papua, pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mimika akan melakukan normalisasi sungai.

“Kita lakukan normalisasi sungai-sungai di wilayah kota. Untuk normalisasi sungai itu ada juga yang ditangani bersama pemerintah provinsi,” ungkap Kepala Dinas PUPR Kabupaten Mimika, Dominggus Robert Mayaut di Timika, Kamis (10/2/2022). 

Ia mengatakan kegiatan normalisasi sungai dalam wilayah kota ini juga menindaklanjuti keluhan warga mengenai banyak tumpukan sampah plastik di sungai dalam wilayah kota. 

Sementara itu untuk pengerukan sungai yang dilintasi transportasi laut ditangani Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika. 

Dikatakan dalam tahun ini Dinas PUPR juga melakukan pengembangan jalan dan jembatan. 

Untuk Jalan Cendrawasih tetap dilanjutkan dan saat ini pengembangannya telah mencapai 60 persen.  

Sementara jembatan di Kali Selamat Datang, SP2 akan   dibongkar dan dibangun yang baru. 

Selain itu dilakukan juga pembangunan jalan dari perempatan dekat Check Point 32 Kuala Kencana ke arah Mayon dan pengembangan jalan lingkar luar, dari Mile 32 ke Gorong-gorong tembusan ke Pomako. Pembangunan ini masuk dalam kontrak multi years (tahun jamak-red). 

Pihak Dinas PUPR juga telah berkoordinasi dengan Manajemen PT Freeport Indonesia dan PT Puncak Jaya Power  untuk pemindahan POS Check Point 28 ke bagian tanggul barat. 

Sedangkan untuk jembatan didekat tempat pemakaman umum di SP2 akan dilanjutkan tahun depan. Jembatan tersebut telah ada perencanaannya termasuk jembatan dari Jalan Hasanuddin ke SP5. 

“Untuk jembatan SP2 ke SP3 itu bentangannya 30 meter sedangkan yang dari Jalan Hasanuddin tembus SP5 itu bentangannya 60 meter,” ujarnya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar