Translate

BK3N 2022 PT. Freeport Indonesia Secara Resmi Ditutup

Bagikan Bagikan
Logo BK3N 2022 PTFI (Foto:Istimewa)

SAPA (TIMIKA) – PT. Freeport Indonesia (PTFI) menggelar penutupan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional (BK3N) tahun 2022, Senin siang (14/2/2022).

Acara yang mengangkat tema “Penerapan Budaya K3 Pada Setiap Kegiatan Usaha Guna Mendukung Perlindungan Tenaga Kerja di Era Digitalisasi” ini dibawakan oleh master of ceremony (MC) Pernus Tarasen dan Ai Ludiana Mansnandifu, serta diawali dengan doa yang dipimpin oleh Pdt. Pdt. Grace Sodanding.

Ketua Panitia BK3N tahun 2022 PTFI dan juga merupakan Sr Manager Operations Maintenance PTFI, Yongki Wopari dalam laporannya menyampaikan, BK3N merupakan bukti pelaksanaan PTFI atas peraturan pemerintah Republik Indonesia dan komitmen terhadap pelaksanaan keselamatan pertambangan.

Secara garis besar kegiatan BK3N tahun 2022 PTFI meliputi 2 kategori besar, yaitu bersifat promotif dan implementif, yang dilakukan untuk menekankan kepada semua karyawan yang ada di area kerja dan semua divisi di PTFI supaya BK3N menjadi sarana dalam mengingatkan kembali pentingnya kesehatan dan keselamatan kerja di area kerja PTFI, mulai dari highland sampai lowland Porsite.

Dia mengungkapkan bahwa kegiatan promotif dilakukan melalui pemasangan bendera dan umbul-umbul, backdrop serta poster tentang pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja, sosialisasi dan edukasi keselamatan pertambangan secara interaktif bagi pekerja melalui beberapa webinar yang kita laksanakan antara lain webinar dengan Kementerian ESDM, dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Mimika, serta dengan BPJS.

“Selain itu juga dilaksanakan webinar kesehatan dengan beberapa tema yang sangat dekat dengan aktivitas dan kegiatan tambang seperti webinar mengenai kesehatan paru-paru dan bahaya kerja di tambang bawah tanah, webinar tentang pemeriksaan kesehatan tahunan (MCU). Kita juga melakukan kegiatan-kegiatan secara online yaitu mengenai lomba Sincere, nilai-nilai Sincere dan lomba pemilihan karyawan sehat tahun 2022,” ungkap Yongki.

Ketua Panitia BK3N 2022 PTFI, Yongki Wopari

Sedangkan untuk kegiatan yang bersifat implementif di semua divisi dan di beberapa area adalah inspeksi silang antara divisi di PTFI yang langsung dipimpin oleh kepala divisi dan kepala K3 dari masing-masing divisi.

“Adapun kegiatan lain yang dilakukan juga antara lain adalah penilaian antar divisi dan area mengenai konsistensi protokol kesehatan selama pandemi Covid-19. Kegiatan ini juga memastikan bahwa di semua area kerja kita, baik di highland maupun di lowland, semua melakukan protokol kesehatan dengan ketat. Di samping itu juga dilakukan penilaian antar divisi dan area kerja mengenai konsistensi pengolahan limbah B3 dan sampah makanan atau sampah organik,” tambahnya.

Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pemkab Mimika, Paulus Yanengga

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Mimika, Paulus Yanengga,S.H,M.Si dalam sambutannya mengatakan, mewakili Pemerintah Kabupaten Mimika berharap dengan berakhirnya BK3N 2022 ini dapat memacu semangat untuk mengkampanyekan pentingnya BK3N di lingkungan kerja untuk diri sendiri, keluarga, rekan kerja, dan di lingkungan masyarakat.

“Kami memberi apresiasi yang baik kepada Panitia BK3N 2022 PTFI yang mana dalam sebulan telah mensosialisasikan dan mengimplementasikan K3 di lingkungan PTFI dan masyarakat sehingga semuanya dapat berjalan dengan lancar karena atas tuntunan Tuhan. Apresiasi juga diberikan kepada seluruh karyawan PTFI yang telah berpartisipasi aktif dalam menyukseskan semua kegiatan yang telah dilakukan dengan baik pada BK3N ini sehingga dapat meningkatkan semangat dan kesadaran bersama terhadap pentingnya membangun budaya keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di lingkungan kita masing-masing,” kata Paulus.

Director and Executive Vice President Social Responsibility and Community Development PTFI, Claus Wamafma 

Sementara itu, mewakili Manajemen PTFI, Director and Executive Vice President Social Responsibility and Community Development, Claus Wamafma dalam sambutannya menyampaikan, PTFI terus berkomitmen dalam mendukung setiap program K3 dari pemerintah RI, salah satunya adalah menyukseskan BK3N.

“Kita semua dari level manajemen, karyawan dan seluruh pemangku kepentingan bersama-sama secara aktif terlibat dalam program-program (BK3N 2022) yang telah dilaksanakan. Semua program yang telah disusun dan dilaksanakan oleh panitia BK3N 2022 pada dasarnya bertujuan besar untuk meningkatkan kesadaran seluruh pekerja mendorong budaya K3 pada setiap proses bisnis dan pada giliran akhirnya dapat menciptakan iklim dan proses kerja yang selamat, produktif dan efisien,” kata Claus.

Pantauan Salam Papua di lokasi kegiatan, acara penutupan BK3N 2022 PTFI ini diselenggarakan di ERG 400 Kuala Kencana Timika dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat yang mana peserta yang hadir dibatasi kurang dari 50 orang, namun diikuti oleh seluruh manajemen dan karyawan PTFI, baik di highland dan lowland, menggunakan video conference melalui channel Webex PTFI dan melalui channel YouTube PTFI, yang ditayangkan secara live streaming oleh tim Brodcasting Nelscorner-Salam Papua, perusahaan milik Amiete Papua Group.

Tim Broadcasting, Nelscorner-Salam Papua @APG

Kegiatan ini dimeriahkan dengan tarian bendera oleh Cycloop Dancer, tarian kontemporer dan tarian Tifa oleh Freedom Squad Dancer, serta penampilan Mace Purba dengan alunan suara merdunya.

BK3N 2022 PTFI ini pun ditutup secara resmi melalui pemukulan Tifa secara bersama-sama oleh Manajemen PTFI, didampingi Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pemkab Mimika, Kepala Cabang Energi dan Sumber Daya Kabupaten Mimika, Ketua Panitia BK3N 2022 PTFI, dan Kepala Distrik Kuala Kencana. (Jimmy)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar