Translate

Pemkab Mimika Bentuk Satgas Tertibkan Galian C, Sampah dan Bangunan Liar

Bagikan Bagikan

Kepala Seksi Pengendalian, Dinas Satpol PP Kabupaten Mimika, Antonius Lesomar. (Foto-SAPA/Jefri)

SAPA (TIMIKA) -
Pemerintah Kabupaten Mimika sudah membentuk satuan tugas (Satgas) yang akan menertibkan galian C, sampah dan bangunan-bangunan liar yang tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Satgas tersebut terdiri Personel Dinas Satpol PP, Anggota Polisi, TNI, pegawai Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri, Dinas Lingkungan Hidup, Bappeda serta pihak distrik. 

Kepala Seksi Pengendalian, Dinas Satpol PP Kabupaten Mimika, Antonius Lesomar, mengatakan Satgas tersebut kini sedang menunggu SK Bupati Mimika sebelum melakukan penertiban. 

"Kita lagi menunggu SK Bupati,  tetapi tim sudah turun melakukan pemantauan dan sosialisasi. Setelah SK turun tim gabungan segera bergerak melakukan penertiban dan melakukan penjagaan baik di lokasi galian C, dan pada tempat pembuangan sampah," ungkap Anton di Timika, Kamis (24/2/2022). 

Setelah sosialisasi dan penertiban, lokasi galian C yang beroperasi akan dijaga ketat oleh Anggota TNI dan Polri agar tidak ada aktivitas lagi, sementara tempat pembuangan sampah akan dijaga oleh Personel Satpol PP. 

Sekda Mimika, Michael Gomar. (Foto-SAPA/Jefri)
Sekretaris Daerah (Sekda) Mimika, Michael Gomar sebelumnya menjelaskan penertiban tersebut berdasarkan Instruksi Bupati Mimika nomor 5 atahun 2021 tentang galian C, Instruksi Bupati Mimika nomor 6 Tahun 2021 tentang kebersihan lingkungan dan instruksi Bupati Mimika nomor 1 Tahun 2022 tentang penertiban bangunan liar. 

Untuk galian C, Sekda menerangkan sesuai Peraturan Daerah (Perda) nomor 15 Tahun 2011 tentang rencana rata ruang wilayah Kabupaten Mimika yang menetapkan kawasan peruntukan pembangunan, kawasan untuk pertambangan galian C hanya di kali Iwaka. 

"Hasil laporan ada sekitar tujuh perusahaan yang memiliki izin dari Pemerintah Provinsi terkait aktivitas galian C tapi kita akan mereview kembali izin tersebut karena, berdasarkan Instruksi Bupati Mimika nomor 5 tahun 2021, galian C hanya boleh diambil di Iwaka, Distrik Kuala Kencana bukan di seputaran Kota Timika," kata Sekda. 

Sementara terkait masalah kebersihan dan bangunan liar Sekda menegaskan Satgas juga akan melakukan penertiban. 

"Bangunan yang tidak memiliki IMB maupun  yang memiliki IMB tapi bangunannya tidak sesuai dengan IMB juga akan ditertibkan," tegas mantan Kepala Distrik Mimika Timur ini. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar