Translate

Pemkab Mimika Fokus Kembangkan Kota Baru Dukung Pemekaran Papua Tengah

Bagikan Bagikan

Bupati Mimika, Eltinus Omaleng. (Foto-SAPA/Jefri)

SAPA (TIMIKA)
- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika fokus mengembangkan kawasan kota baru pada Tahun Anggaran 2022 ini untuk mendukung pemekaran Provinsi Papua Tengah. 

Bahkan, beberapa aset milik Pemkab Mimika juga telah didata untuk dihibahkan kepada Provinsi Papua Tengah termasuk infrastruktur jalan. 

Selain itu gedung Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika yang berada di Jalan Cenderawasih, SP3, Kelurahan Karang Senang, Distrik Kuala Kencana, Mimika, Papua akan dihibahkan juga kepada Provinsi Papua Tengah. 

"Bangunan besar serta infrastruktur yang ada saat ini kita hibahkan kepada Provinsi Papua Tengah karena itu menjadi syarat," ujar Bupati Mimika, Eltinus Omaleng di Timika, Jumat (4/2/2022). 

Dia mengatakan di akhir Tahun 2022, dua kegiatan besar yang dikerjakan Pemkab yakni pembangunan Terminal Bandara Internasional Mozes Kilangin Timika Sisi Selatan dan pembangunan Jalan Cendrawasih selesai dikerjakan. Hal itu sesuai dengan persetujuan kontrak tahun jamak (multi years contrak). 

"Tahun ini terdapat lima pembangunan  prioritas yakni pembangunan Jalan Poros SP2 menuju SP5. Jalan ini akan lebih lebar dari Jalan Cendrawasih karena di sana akan menjadi jantung Kota Timika," ungkap Omaleng. 

Kemudian dilanjutkan juga pembangunan Jalan Poros Mayon 32 hingga SP12,  pembangunan lanjutan Jalan Agimuga, Mile 32 menuju Gorong- Gorong,  pembangunan Kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Mimika, Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika dan pembangunan  tempat parkir pesawat di Bandara  Internasional Mozes Kilangin Timika. “Semua kegiatan ini akan berakhir pada tahun 2024," ujar Bupati. 

Ia mengatakan untuk mendukung pemekaran Provinsi Papua Tengah, selain pembangunan infrastruktur, pada tahun ini juga Pemkab Mimika membentuk panitia pelantikan pelaksana tugas untuk mengisi jabatan kepala kampung dan distrik yang siap dimekarkan. 

Tahun ini sekitar 300 kampung dan 12 distrik baru yang akan dimekarkan. 

"Itu juga salah satu syarat untuk mendukung pemekaran Provinsi Papua Tengah dan kota madya," kata Omaleng. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Baru mulai pembangunan ?? Kemana aja nih pemkab mimika ?? 2022 macam 1995 whahahaa.. aduh kota lain sudah maju semua nih. Dana APBN dan APBD nya dipake apa nih.. kok baru bangun kota ??

    BalasHapus