Translate

Satu Anggota KKB Intan Jaya Ditangkap di Timika

Bagikan Bagikan
Rilis penangkapan anggota KKB Intan Jaya di Timika (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) – Satu orang DPO kelompok kriminal bersenjata (KKB) dari Kabupaten Intan Jaya bernama Enos T ditangkap di Jalan Budi Utomo Timika, tanggal 5 Februari 2022 lalu.

Enos yang  merupakan Wakil Komandan Pos Baitua Intan Jaya di bawah pimpinan Undius Kogoya ini ditangkap oleh anggota Satgas Ops Damai Cartenz yang dibackup Polres Mimika.

Dari hasil investigasi, penyidikan serta langkah-langkah yang ditaklukkan gabungan Satreskrim Polres Mimika dan Intan Jaya, terdapat fakta-fakta bahwa Enos terlibat dalam berbagai tindak pidana yang terjadi di Intan Jaya.

Kapolres Mimika, AKBP I. G Gede Era Adhinata saat menggelar pres release, Senin (7/2/2022), mengatakan bahwa Enos dan rekan-rekannya melakukan penembakan tanggal 15 Agustus 2020 dan mengakibatkan salah seorang tukang ojek bernama Zainudin meninggal dunia setelah ditembak pada bagian dada dan bahu sebelah kanan, melakukan penembakan untuk mengganggu tim penjemputan rombongan Wakapolda Papua tanggal 25 Desember 2020, melakukan penembakan ke arah Polsek Sugapa tanggal 30 September 2020, melakukan penembakan Pos Koramil tanggal 25 Februari 2021, melakukan pembakaran kios milik warga atas nama Rian tanggal 30 Oktober 2021, serta melakukan penembakan di kios penjual minyak tanah pada tanggal 8 Februari 2021 yang mengakibatkan satu warga terkena tembakan pada bagian kuping dan tembus ke rahang.

“Itu semua aksi yang dilakukan Enos bersama rekan-rekan di Intan Jaya,” kata AKBP Era.

Selanjutnya dari hasil pemeriksaan, diketahui bahwa Enos merupakan eksekutor penembakan yang pertama terhadap Zainudin.

Saat diamankan, ada tujuh orang, tapi setelah dilakukan pemeriksaan secara intensif ditetapkan hanya satu orang yaitu Enos. Sementara enam orang lainnya telah dipulangkan.

“Tujuan utama diamankannya satu anggota KKB ini yaitu mengamankan amunisi, tapi rata-rata anggota KKB yang datang ke Timika ini tidak membawa senjata. Tujuan Enos ke Timika ini untuk mencari amunisi,” ujarnya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar