Translate

Masyarakat Kokonao Nyatakan Mimika Barat Siap jadi Kabupaten

Bagikan Bagikan

Masyarakat Kokonao nyatakan Mimika Barat siap menjadi kabupaten kepada Pemerintah Kabupaten Mimika di halaman Kantor Puspem Kabupaten Mimika. (Foto: SAPA/Jefri)
SAPA (TIMIKA) - Masyarakat Kokonao, Distrik Mimika Barat mendatangi Kantor Pusat Pemerintahan (Puspem) Kabupaten Mimika, di Jalan  Cendrawasih, SP3 untuk menyatakan Mimika Barat  siap jadi kabupaten.

Ratusan warga yang tiba di halaman Kantor Puspem Kabupaten Mimika pada Selasa (22/3/2022) sekira Pukul 09.50 WIT menggunakan 12 mobil pick up dan 3 mini bus ini, diterima oleh Asisten 1 Setda Mimika, Yulius Sasarari didampingi Staf Ahli Bupati Mimika Bidang Ekonomi dan Pembangunan Daerah, Andi Ramli Tuhuteru dan Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Mimika, Yan Selamat Purba.

Mewakili masyarakat, calon Karateker Bupati Mimika Barat, Thomas Marnoma mengatakan masyarakat Kokonao sangat  berharap Mimika Barat dimekarkan menjadi kabupaten. 

Menurutnya  sudah sejak lama masyarakat mengusulkan pemekaran DOB Mimika Barat kepada Pemkab Mimika sebagai kabupaten induk dan pemerintahan pusat, karena selama ini masyarakat di wilayah tersebut merasa kurang mendapat sentuhan pemerintah.

Untuk itu, lanjut  dia Pemkab Mimika harus menyetujui Mimika Barat jadi kabupaten sendiri sehingga masyarakat di daerah itu bisa bersaing dengan kabupaten lain.

"Selama ini tidak pernah ada perhatian dalam hal pembangunan jadi mungkin Tuhan tunjuk saya memimpin Kabupaten Mimika Barat nanti, untuk memperhatikan masyarakat agar bisa berkembang dan bersaing dengan masyarakat daerah lain," kata Thomas.

Sementara itu Ketua Tim Pemekaran Kabupaten Mimika Barat, Aleks Mansai mengatakan setelah menyampaikan pernyataan ini kepada Pemkab Mimika, selanjutnya tim segera menjadwalkan untuk menyampaikan hal yang sama kepada Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Mimika.

"Kami juga akan menyampaikan hal ini kepada Anggota DPRD Mimika sebagai perwakilan masyarakat," ujarnya.

Aleks menjelaskan pemekaran Kabupaten Mimika Barat sebetulnya telah disampaikan kepada Pemkab Mimika dan Anggota DPRD Mimika sejak Tahun 2014 silam namun tidak ditanggapi.

Sehingga pihaknya langsung menyampaikan kepada pemerintah pusat karena pemerintah daerah tidak menghiraukan usulan masyarakat. "Karena usulan kami telah menjadi agenda negara makanya kami harus sampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Mimika," ujarnya.

Ia menambahkan disaat banyak masyarakat Papua menolak pembentukan DOB, masyarakat Mimika Barat berjuang untuk dimekarkan menjadi kabupaten.

"Mimika Barat perlu pemekaran sehingga masyarakat yang selama ini belum dijangkau oleh pemerintah dapat diperhatikan dan dijangkau," kata Aleks.

Untuk menjadi Kabupaten baru, lanjut  dia, Mimika Barat memiliki sumber daya alam yang memadai yaitu hasil laut yang dapat di kelola menjadi pendapatan asli daerah.

Selain itu ada juga beberapa distrik yang siap bergabung dalam wilayah Mimika Barat yakni Distrik Amar, Mimika Barat Tengah dan Distrik Mimika Barat Jauh.

"Jadi dari  berbagai aspek Mimika Barat  siap jadi kabupaten," ujarnya. 

Setelah mendengarkan semua pernyataan masyarakat,
Asisten 1 Setda Mimika, Yulius Sasarari mengatakan hal-hal yang sudah disampaikan ini akan dilanjutkan kepada Bupati Mimika.

"Apa yang disampaikan hari ini akan dilaporkan kepada Bupati Mimika," kata Yulius.  (Jefri Manehat)




















Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar