Translate

Reses di Kekwa dan Karaka, Amandus Gwijangge: Warga Minta Dibangunkan Rumah Sehat dan Gereja

Bagikan Bagikan
Sekretaris Fraksi PKB DPRD Mimika, Amandus Gwijangge foto bersama masyarakat di Pulau Karaka, Distrik Mimika Timur Jauh saat reses. (Foto: SAPA/Acik)
SAPA (TIMIKA) – Sekretaris Fraksi PKB DPRD Mimika, Amandus Gwijangge melaksanakan reses tahap I Tahun 2022  di Kampung Kekwa, Distrik Mimika Tengah dan di Pulau Karaka, Distrik Mimika Timur Jauh pada Jumat (25/3/2022).

Saat reses itu selain menjaring aspirasi warga, Amandus juga menyerahkan bantuan Sembako, alat musik gitar dan uang tunai kepada warga didua kampung tersebut. 

Khusus alat musik, Amandus memberikan kepada Orang muda Katolik (OMK).

Pantauan Salam Papua, saat Amandus memberi kesempatan kepada warga menyampaikan aspirasi, umumnya warga di Kampung Kekwa meminta dibangunkan rumah layak huni yang sehat.

Sementara warga di Pulau Karaka meminta dibangunkan gedung gereja karena selama ini warga beribadah di balai kampung kadang juga di alam terbuka di atas lumpur. 

"Tadi warga di Kekwa sampaikan. melalui Ketua RT minta dibangunkan rumah layak huni yang sehat, karena selama ini dalam satu rumah yang tidak layak huni dihuni lebih dari satu kepala keluarga. Jadi masyarakat Kekwa minta dibangunkan 200 unit rumah sehat didua dusun," kata Amandus.

Menurutnya usulan rumah sehat ini biasanya juga dikeluhkan oleh hampir semua masyarakat Amungme dan Kamoro yang berdomisili di wilayah  pegunungan dan pesisir.

"Jadi memiliki rumah sehat menjadi suatu kerinduan besar masyarakat setempat,” ujar dia. 

Untuk itu ia berharap kepada Pemkab Mimika melalui dinas terkait untuk bisa mengakomodir usulan rumah sehat bagi masyarakat. 

Amandus menyarankan, jika memang tidak bisa membangun 200 rumah sehat sekaligus di Kekwa bisa secara bertahap, karena ini merupakan kebutuhan dasar masyarakat.

“Aspirasi itu yang saya dengar langsung dari masyarakat. Jadi saya harapkan bagaimana caranya Pemkab melalui dinas terkait bisa menjawab kebutuhan pokok warga ini,” ucap Amandus. 

Anggota Komisi C DPRD Mimika, Amandus Gwijangge menyalami warga di Kampung Kekwa saat kegiatan reses. (Foto: SAPA/Acik)
Ia mengatakan selain rumah sehat warga Kekwa juga minta dibangunkan sekolah negeri, karena selama ini banyak anak di kampung tersebut tidak sekolah karena lokasi sekolah yang jauh.

Untuk layanan kesehatan di kampung Kekwa  juga perlu dibangun Pustu, karena meski saat ini ada layanan kesehatan tapi menurut warga lokasinya sangat jauh. 

“Keluhan terkait sekolah dan Pustu itu pasti saya dorong ke dinas-dinas terkait,” katanya.

Sedangkan untuk masyarakat Pulau Karaka, Distrik Mimika Timur Jauh, meminta dibangunkan rumah ibadah karena selama ini setiap hari Minggu mereka beribadah di balai kampung kadang juga di alam terbuka di atas lumpur.

“Saya lihat sendiri  mereka laksanakan ibadah di atas lumpur. Makanya sangat diharapkan Bagian Kesra Setda Mimika segera bangun satu gereja di sana. Ini menjadi satu kerinduan masyarakat,” ungkapnya.

Anggota DPRD Mimika, Amandus Gwijangge menyerahkan bantuan alat musik gitar kepada warga di Pulau Karaka saat kegiatan reses.  (Foto: SAPA/Acik)
Selain itu, lanjut dia masyarakat di Pulau Karaka juga meminta perhatian Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika, untuk memperhatikan pendidikan anak-anak mulai dari SD hingga perguruan tinggi.

Mereka ingin anak-anak mereka menjadi generasi yang cerdas berpendidikan sehingga memiliki masa depan yang cerah.

“Keluhan  untuk pendidikan ini juga sering dikeluhkan oleh warga di pesisir dan pegunungan. Pemerintah harus lebih banyak lagi porsinya untuk perhatikan soal pendidikan karena selama ini yang lebih banyak memperhatikan pendidikan generasi di wilayah pesisir dan pegunungan di Mimika itu YPMAK ,” pungkas Amandus.

Wartawan: Acik
Editor: Yosefina 
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar