Translate

Terkendala Transportasi Petugas Puskemas Alama Baru Bisa Berikan Vitamin A pada Bulan Maret

Bagikan Bagikan

 

Petugas Puskesmas Alama memberikan vitamin A kepada anak-anak Alama yang ada di Timika. (Foto: Istimewa)

SAPA (TIMIKA) -Petugas Puskesmas Alama, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, baru bisa memberikan vitamin A kepada bayi umur 6 sampai 11 bulan, anak-anak umur 12 sampai 59 bulan dan ibu nifas di kampung-kampung yang ada di wilayah kerja Puskesmas Alama pada Bulan Maret ini.

 
Padahal seharusnya sudah dilakukan Bulan Februari lalu, karena sudah dicanangkan pemerintah pusat  bahwa pemberian vitamin A diseluruh Indonesia dilakukan dua kali dalam setahun yakni Februari dan Agustus.
 
Hal ini karena terkendala transportasi sehingga petugas kesehatan mengalami kesulitan kembali ke tempat tugas.
 
“Sekarang ini awal tahun banyak warga Alama yang ada di Timika mau kembali ke kampung jadi antri untuk bisa dapat tiket, tapi hari Jumat dalam minggu ini kami kembali dengan pesawat yang dicarter Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika. Jadi mulai sekarang transportasi kami pulang pergi ke tempat tugas sudah ditanggung pemerintah daerah menggunakan dana Otsus. Sebelumnya kami bayar sendiri,” ungkap Kepala Puskesmas Alama, Saulus Pokniangge, S.Kep, NS kepada Salam Papua via telepon seluler, Senin (7/3/2022).
 
Ia mengatakan untuk pemberian vitamin A bagi bayi, anak-anak dan ibu nifas asal Alama yang sekarang ini tinggal di Timika telah dilakukan pada  Bulan Februari lalu, hanya di kampung-kampung yang belum.
 
“Kalau bayi, anak-anak dan ibu nifas asal Alama yang sudah kami berikan vitamin A di Timika itu kurang lebih 40 orang. Di kampung-kampung yang kita belum berikan karena petugas masih di Timika. Nanti hari Jumat, minggu ini kami bawa vitamin A ke Alama baru berikan kepada bayi, anak-anak dan ibu nifas  yang jumlah semuanya sekitar 80 orang,” katanya.
 
Saulus menyebutkan selama bertugas di Alama, pemberian vitamin A tidak pernah terlambat baru tahun ini yang terjadi keterlambatan.
 
“Selama ini kita selalu lakukan Bulan Februari baru tahun ini kita terlambat lakukan Maret,” ujar Saulus.
 
Mantan Kepala Puskesmas Jita ini mengatakan pemberian vitamin A diberikan secara gratis kepada bayi, anak-anak dan ibu nifas.
 
Suplementasi vitamin A kapsul biru dosis 100.000 international unit (IU) diberikan untuk bayi umur 6 sampai 11 bulan dan kapsul merah dosis 200.000 IU untuk anak umur 12 sampai 59 bulan. Vitamin A dalam bentuk kapsul merah juga diberikan kepada ibu nifas.
 
“Vitamin A ini mencegah rabun senja, xeroftalmia, kerusakan kornea dan kebutaan serta mencegah anemia pada ibu nifas. Sedangkan apabila anak kekurangan vitamin A maka anak bisa menjadi rentan terserang penyakit infeksi seperti infeksi saluran pernafasan atas, campak, dan diare,” pungkasnya. (YOSEFINA)

 

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar