Translate

Makin Banyak ODGJ Berkeliaran di Timika, Legislator Sebut Perlu Dibangun Rumah Sakit Jiwa

Bagikan Bagikan
Sejumlah ODGJ di Timika yang berkeliaran.
 (Foto: SAPA/Acik)
SAPA (TIMIKA) – Anggota Komisi C DPRD Mimika, Drs.Leonardus Kocu  meminta Pemerintah Kabupaten  (Pemkab) Mimika membangun rumah sakit jiwa karena semakin banyak orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) berkeliaran di Timika.

Ia mengatakan jika Pemkab belum mampu membangun rumah sakit khusus untuk ODGJ, maka bisa menggunakan ruangan yang ada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mimika dan Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) untuk penanganan ODGJ atau dibangun  ruangan tambahan didua rumah sakit itu.

"Kalau memang belum bisa bangun rumah sakit khusus ODGJ, bisa digunakan ruangan yang ada di RSUD dan RSMM atau bangun ruangan tambahan khusus untuk penanganan ODGJ. Tinggal bagaimana Pemkab berkoordinasi dengan pihak rumah sakit," ungkap Leonardus kepada wartawan di Timika, Rabu (20/4/2022).
Leonardus Kocu
(Foto: SAPA/Acik)
Legislator dari Partai Persatuan Indonesia (Perindo) ini menyebutkan  semakin banyak ODGJ berkeliaran saat ini 
merupakan gejala sosial yang cukup serius sehingga harus menjadi perhatian serius Pemkab Mimika.

"Kalau ODGJ sedikit mungkin bisa  dikirim ke Jayapura tapi ini kita lihat sudah sangat banyak yang berkeliaran dan banyak ODGJ  orang asli Papua sehingga penanganannya seharusnya sudah dilakukan di Timika," kata dia.

Leonardus mengatakan memang betul Pemkab Mimika fokus melakukan pembangunan infrastruktur, ekonomi, pendidikan dan kesehatan namun masalah sosial seperti ODGJ ini tidak bisa diabaikan.

"Kebutuhan ruumah sakit jiwa ini sudah jadi hal mendesak jadi Pemkab harus mulai serius membahas ini,” pungkas Ketua Fraksi Mimika Bangkit ini.

Wartawan: Acik
Editor: Yosefina 
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar