Translate

Meky Nawipa Siap Ambil Alih Persipura Dengan Sistem Konsorsium Untuk Harkat dan Martabat Orang Papua

Bagikan Bagikan

SAPA (TIMIKA) – Meky Nawipa menyampaikan bahwa Persipura yang terdegradasi ke Liga 2 sungguh memukul dan sangat menyedihkan bagi orang-orang Papua secara khusus, sehingga dirinya terdorong dan siap mengambil alih kepemilikan klub sepakbola Mutiara Hitam ini dengan sistem konsorsium untuk harkat dan martabat orang Papua.

Hal ini diungkapkan Meky Nawipa kepada Jurnalis Salam Papua di Waanal Coffee and Resto, Jalan Cenderawasih Kecamatan Kuala Kencana, Mimika-Papua, Minggu malam (3/4/2022).

“Terdegradasinya Persipura ke Liga 2 menjelang Paskah sesungguhnya merupakan pesan Tuhan buat orang Papua untuk kembali bangkit, dan jika klub ini dijual, saya siap membantu serta bersedia mengambil alih,” ungkapnya.

Dia mengatakan, setelah berhasil diambil alih, maka manajemennya akan dirombak, sistem kepelatihannya akan diubah, serta Persipura akan dibuat menjadi perusahaan terbuka.

Pemegang saham utama Persipura pasti akan bersifat konsorsium (sejumlah orang, perusahaan dan/atau pemerintah yang mengadakan usaha bersama, Red), pendanaannya juga dibuat konsorsium. Jadi pendanaan Persipura itu bukan hanya dari PT. Freeport Indonesia (PTFI) dan Bank Papua saja, tapi bisa juga dari pihak-pihak lain, khususnya dari pengusaha-pengusaha dan masyarakat Papua.

Ini adalah cara baru mengelola Sepakbola di era modern. Di mana 3 tahun dari sekarang, seluruh orang Papua, sudah boleh membeli saham Persipura dan menjadi pemilik klub ini.

“Dalam artian, 70 persen saham saya yang pegang dan 30 persen saham dijual ke publik orang Papua. Kita akan listing di saham, menjual saham Persipura di Bursa Efek Indonesia (BEI), sehingga seluruh orang Papua, termasuk anak-anak SD dan SMP sekalipun, berpeluang untuk membeli saham Persipura. Kalau misalnya harga saham Persipura adalah Rp 700, maka 1 lot saham (100 lembar saham, Red) Persipura senilai Rp 70.000. Sehingga jika membeli 100 lot, maka dengan uang Rp 7.000.000, kamu sudah bisa beli saham Persipura. Nanti ketika saham Persipura naik menjadi Rp 900, maka dengan membeli saham 100 lot tadi, kamu sudah untung Rp 2.000.000, yang uangnya dapat kamu ambil kapan saja (any time),” ujarnya.

Hal ini menurut Dia juga merupakan salah satu langkah dalam upaya meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan orang Papua. Dari Persipura untuk orang Papua.

“Jadi kita berbicara tentang harkat dan martabat orang Papua itu bukan hanya teori saja. Tapi dengan cara begini, kita sudah ikut menyumbang untuk kebanggaan orang-orang Papua,” tegasnya.

Di samping itu, Meky menambahkan bahwa dalam sejarah, Persipura merupakan salah satu bagian untuk menaikan harga diri orang Papua di kancah internasional.

“Jangan lupa bahwa Persipura ini dulu merupakan alat perjuangan, alat politik loh. Pada zaman Acub Zaenal sebagai Gubernur Irian Jaya (periode 1973-1975, Red), untuk melepaskan orang Papua dari perasaan rendah diri dan kemudian bisa dihargai di dunia internasional itu melalui olahraga sepakbola yakni Persipura dan karya ukir patung Asmat. Oleh sebab itu, kita harus sungguh-sungguh mengelola klub sepakbola ini untuk kebanggaan orang Papua,” tuturnya.

Meky pun menargetkan, Persipura harus mampu kembali ke Liga I pada musim berikutnya.

“Dengan tercapainya target ini, pastinya akan memicu naiknya harga saham Persipura,” tutupnya. (Jimmy R)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

7 komentar:

  1. Mutiara hitam kami....
    Semoga bisa naik ke Liga 1 lagi

    BalasHapus
  2. Sangat se 7 skali ini yang namanyq profesional,jangan cuma retorika blng Sepak Bola harga diri orang Papua,tapi yang urus hanya orang2 itu saja tdk aa pekembangan dan management nya tertutup.Semua orang mesti diberdayakan agar mereka tidak hanya bicara sepak bolah harga diri orang papua saja tapi ikut terlibat dalam mengelolahnya.Apa yang disampaikan bung Nawipa saya pribadi sependapat asas manfat dari sepak bola dirasakan semua orang papua..moga impian ini cepat terwujud.Ada maksud Tuhan terjadi degradasi agar menegement Persipura instrospeksi diri dan kembali ke jalan yang benar.Jangan hanya banggakan satu orang saja,dan merasa berjazah di Persipura itu kliru,tinggalkan ego pribadi pikir kepentingan orang banyak.

    BalasHapus
  3. Ini baru betul saya siap berpartisipasi sebagai orang Papua mendukung (Siap berinvestasi di Persipura)

    BalasHapus
  4. Strategi pelatih dan manajer yg tidak konsisten utk mengantisipasi dari berbagai pandangan.
    Maka penjabat semua pemimpin papua perlu berfikir yg baik dan bertindak yg brnar agar bisa dapat mewujudkan nilai harkat dan martabat org kulit hitam di melanesia.
    Kami patut antusias dan apresiasi kepada beliau Bupati Paniai M Nawipa.
    Dengan demikian segenap harapannya mutiara hitam tetap jaya dan masuk liga 1..

    Catatan setiap pemain yg sudah di siapkan dari tim mutiara hitam (persiapan) tidak perlu main di tim (club) lain.

    BalasHapus
  5. Sangat setuju, jadi semua lapisan org papua bisa merasakan apa yg di alami club.

    BalasHapus