Translate

Pemkab Mimika Diminta Tidak Bergantung pada Freeport, Harus Gali Potensi Lain

Bagikan Bagikan
Adolof Kambuaya, SH, M.Si
(Foto: SAPA/Jefri)
SAPA (TIMIKA) -  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika diminta tidak hanya bergantung pada PT Freeport Indonesia tapi harus menggali potensi lain untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

"Laju pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Mimika sebesar 34,44 persen jauh lebih maju dibandingkan daerah lain namun ini karena kehadiran PT Freeport Indonesia. Jadi Pemkab harus tetap gali potensi lain jangan hanya andalkan Freeport," ungkap Sekretaris Badan Pendapatan Daerah (Bappeda) Provinsi Papua, Adolof Kambuaya, SH, M.Si saat kegiatan pembukaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kabupaten Mimika Tahun 2023 di Timika, Rabu (6/4/2022).

Sementara itu Kepala Bappeda Mimika, Ir. Yohana Paliling mengungkapkan Pemkab Mimika melalui Bappeda akan melakukan kajian untuk melihat sektor yang dapat mendorong laju pertumbuhan ekonomi di Mimika.

Menurutnya tidak bisa  dipungkiri Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) masih dominan dari tambang. "Tapi sektor lain sudah mulai berkembang seperti Infrastruktur, sektor publik, perikanan dan pertanian," kata Yohana.

Dia menyebut saat ini PDRB dari sektor lain mulai meningkat seperti pertanian, perkebunan dan sektor pariwisata yang merupakan investasi jangka panjang. 

"Ke depan Mimika akan menjadi ibu kota Provinsi Papua Tengah jadi jasa hotel kita perbanyak tempat wisata juga diperbanyak dan ini menjadi potensi pendapatan kita," ujarnya. 

Wartawan: Jefri Manehat
Editor: Yosefina 
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar