Translate

Tahun ini Dinas PUPR Mimika Gunakan Rp6,7 Miliar untuk Bangun Jalan di Enam Distrik Wilayah Pegunungan dan Pesisir

Bagikan Bagikan
Inosensius Yoga Pribadi 
(Foto: SAPA/Jefri)
SAPA (TIMIKA) - Dalam Tahun 2022 ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mimika membangun jalan di enam distrik di wilayah pegunungan dan pesisir yakni Distrik Mimika  Tengah, Mimika Barat, Mimika Barat Tengah, Mimika Timur Jauh, Amar dan Distrik Hoeya.

Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Mimika, Inosensius Yoga Pribadi mengungkapkan 
nilai pembangunan jalan di enam distrik tersebut sekitar Rp6,7 miliar.

"Nominal setiap distrik berkisar satu miliar rupiah kecuali Distrik Heoya Rp1,6 miliar dan Amar Rp1,1 miliar," kata pria yang biasa disapa Yoga ini saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (20/4/2022).

Ia menyebutkan pembangunan jalan di enam distrik tersebut dilakukan berdasarkan hasil usulan masyarakat yang disampaikan melalui musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) tingkat distrik.

"Kita bangun dengan konstruksi beton cor sesuai permintaan masyarakat. Kita sudah sampaikan pakai paving block saja sehingga mudah dalam pemeliharaan, tapi karena masyarakat mau pakai beton cor jadi kita turuti saja," ujar Yoga.

Pembangunan jalan tersebut telah masuk pada tahap perencanaan harga perkiraan sendiri (HPS) dan penyusunan engineering estimate  atau perhitungan biaya untuk suatu paket pekerjaan konstruksi.

"Jadi konsultan sedang menghitung luas jalan dan jarak pengambilan material. Perhitungannya ini disesuaikan dengan pagu anggaran," ungkapnya.

Dia menjelaskan jika material diambil di distrik yang dilakukan pembangunan tentunya nilainya akan lebih murah jika dibandingkan dengan material yang diambil dari Timika.

"Karena pengangkutan material dari Timika harus melalui laut dan udara," pungkas Mantan Sekretaris Disperindag itu.

Wartawan: Jefri Manehat
Editor: Yosefina 
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar