Translate

Besok Putra Asli Kamoro Paulus Waterpauw Dilantik jadi Penjabat Gubernur Papua Barat

Bagikan Bagikan
Komjen Pol Drs Paulus Waterpauw, M.Si 
(Foto: Istimewa)

SALAM PAPUA (TIMIKA) - Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan di Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia, Komjen Pol  Drs Paulus Waterpauw, M.Si secara resmi akan dilantik menjadi Penjabat Gubernur Papua Barat oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian pada Kamis (12/5/2022), menggantikan Gubernur Dominggus Mandacan dan Wakil Gubernur Muhammad Lakotani yang berakhir masa jabatannya Rabu (11/5/2022).

Berdasarkan informasi yang dihimpun Salam Papua prosesi pelantikan Putra Asli Mimika dari Suku Kamoro yang akrab disapa Waterpauw itu akan dilakukan di di Ruang Sasana Bhakti Praja (SBP) Gedung C, Lantai 3 Kementerian Dalam Negeri Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat berlangsung pukul 09.00 WIB atau Pukul 11.00 WIT.

Sejumlah pejabat Papua Barat juga diundang dalam prosesi pelantikan Waterpauw yakni Gubernur Dominggus Mandacan, Ketua DPRD Papua Barat, Kapolda Papua Barat, Kepala Kejaksaan Tinggi Papua Barat, Ketua Pengadilan Tinggi Papua Barat, Komandan Korem 045 Garuda Jaya, dan Ketua Majelis Rakyat Papua Barat.

Dalam video yang beredar disejumlah grup WhatsApp pada Rabu (11/5/2022) malam, nampak Waterpauw sedang mengikuti geladi bersih sebagai persiapan pelantikan besok.

Paulus Waterpauw lahir di Fakfak, Papua Barat, 25 Oktober 1963. Pada usia 10 tahun Waterpauw pindah ke Surabaya dan masuk Sekolah Dasar di YPK Yayasan Pendidikan Kristen Surabaya hingga lulus Tahun 1977. Ia melanjutkan ke SMP Negeri 6 Surabaya tahun 1980 dan SMA Negeri 5 Surabaya tahun 1983. Waterpauw menyelesaikan pendidikan di Akademi Kepolisian  Tahun 1987 dan masuk Pendidikan Tinggi Ilmu Kepolisian PTIK (1996), Sekolah Staf dan Pimpiman Polri (Sespim) tahun 2002 dan Lembaga Ketahanan Nasional Tahun 2014.

Usai lulus Sespim, Waterpauw ditugaskan di tanah kelahiran dan menjabat sebagai Kapolres Mimika. Selama dua tahun menjabat Kapolres Mimika, ia dipercaya menjabat sebagai Kapolresta Jayapura. Waterpauw juga pernah menjabat Kapolda Papua.

Sejumlah penugasan lain pernah diemban Waterpaaw semisal Wakabaintelkam Polri. Sesuai Surat Telegram Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Tito Karnavian bernomor ST/1408/VI/2017, terhitung mulai 2 Juni 2017 Waterpauw menjabat sebagai Kepala Polda Sumatera Utara. Paulus Waterpauw menikah dengan Roma Boru Pasaribu, wanita asal Sumatera Utara. 

Ketua Lembaga Musyawara Adat Suku Kamoro (Lemasko) melalui Wakil Ketua, Marianus Maknaipeku menyampaikan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang telah memberi kepercayaan kepada Putra Asli Suku Kamoro itu sebagai Penjabat Gubernur Papua Barat.

Mewakili masyarakat Kamoro ia mengucapkan selamat kepada Paulus Waterpauw yang akan dilantik besok sebagai orang nomor satu di Provinsi Papua Barat dan berharap bisa menjaga amanah dari Negara.

“Harapan kami masyarakat Kamoro Bapak Waterpauw menjalankan amanah dari Negara dengan tulus dan sebaik mungkin,” harapnya.

Wartawan/Editor: Yosefina



Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar