Translate

Harga Daging dan Produk Olahannya di Timika Normal

Bagikan Bagikan

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Mimika Drh. Sabelina Fitriani melakukan Sidak di tempat penjualan daging
di Pasar Sentral Timika.
(Foto: SALAM PAPUA/YOSEFINA)
SALAM PAPUA (TIMIKA)-Harga daging di Timika, Ibu Kota Kabupaten Mimika baik daging sapi, babi, ayam dan daging itik beserta produk olahanya normal.

Hal ini berdasarkan pantaun pihak Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Mimika di Pasar Sentral dan sejumlah pasar tradisional serta toko-toko yang menjual daging segar dan olahannya.

“Harga daging sapi saat ini 135 ribu rupiah per kilogram serta disesuikan dengan hasil ikutan lainnya berupa tulang,  bakso, sosis, kulit dan olahan lainnya,” ungkap Petugas Informasi Harga Pasar, Dinas Peternakan dan kesehatan Hewan Kabupaten Mimika, Arianus Katagame, S.Pt.,M.Pt kepada Salam Papua di Timika, Senin (23/5/2022).

Ia menyebutkan untuk daging ayam beku tersedia cukup banyak baik di tingkat grosir maupun tingkat pedagang eceran. Harga daging tersebut saat ini di tingkat grosir 38 ribu rupiah per kilogram, sementara pedagang eceran menjual di pasar-pasar tradisional  dengan harga berkisar 40 ribu rupiah hingga 42 ribu rupiah per kilogram dan di kios-kios daging segar berkisar 43 ribu rupiah hingga 44 ribu rupiah per kilogram. 

Kemudian harga daging babi di pasar-pasar tradisional 100 ribu rupiah per potong dengan berat sekitar satu kilogram.

Selanjutnya harga ayam hidup untuk ayam afkir di tingkat produsen Rp50ribu per ekor, di tingkat pedagang eceran 70 ribu rupiah per ekor. 

Berikut harga ayam kampung super berkisar 100 ribu rupiah sampai 120 ribu rupiah perekor. Harga itik hidup 150 ribu rupiah perekor, daging itik beku berkisar 85 ribu rupiah sampai 95 ribu rupiah per kilogram.

Sementara harga telur ayam ras lokal 29 ribu rupiah per kilogram dan harga per rak 50 ribu rupiah sampai 58 ribu rupiah tergantung dari besar kecilnya telur, artinya tidak ada perubahan harga.

Untuk telur ayam kampung harganya lima ribu rupiah per butir, telur itik lima ribu sampai enam ribu rupiah per butir, telur asin enam ribu rupiah per butir dan harga telur puyuh 20ribu rupiah per mika.

Dikatakan untuk telur ayam ras ketersediannya di Mimika sangat berlimpah sehingga harganya tidak mengalami kenaikan meskipun menjelang har-hari raya keagamaan.

Sementar daging yang cukup langkah di Timika adalah daging kambing, sehingga biasanya menjelang hari raya Idul Adha hewan kambing didatangkan dari luar Papua dengan kisaran harga 2,5 juta rupiah  sampai lima juta rupiah tergantung besar kecilnya kambing. 

“Daging kambing jarang tersedia di pasar tradisional dan toko-toko daging segar,” ucapnya.

Wartawan/Editor: Yosefina

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar