Translate

Kurikulum Merdeka Belajar Mulai Diterapkan, Jeni Pesan Guru Harus Lebih Kreatif Bukan Banyak Ceramah Dalam Kelas

Bagikan Bagikan
Jeni Ohestina Usmany
(Foto: SALAM PAPUA/DOK)
SALAM PAPUA (TIMIKA) -kurikulum merdeka belajar sudah mulai diterapkan untuk itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika, Jeni Ohestina Usmany berpesan kepada semua guru di Kabupaten Mimika harus lebih kreatif, tidak hanya memberikan materi tapi juga dapat menganalisa serta mengidentifikasi kebutuhan dan kemampuan anak.

"Guru harus lebih kreatif dan peka terhadap kebutuhan serta kemampuan anak,  bukan hanya ceramah saja didalam kelas," ujar Jeni saat ditemui wartawan di Aula Sentra Pendidikan Kabupaten Mimika, di Jalan Poros SP5, Timika, Jumat (13/5/2022).

Ia menyebutkan untuk mewujudkan merdeka belajar membutuhkan  guru yang otonom, kritis serta problem solver yaitu suatu proses mental yang membutuhkan keterampilan lebih untuk dapat memancing suatu pemikiran atau pemahaman baru sebagai solusi memecahkan suatu masalah.

Dalam kurikulum merdeka belajar membentuk guru  memikirkan proses pembelajaran yang lebih mendalam dengan memberi ruang dialog kepada anak didik, agar materi yang diberikan lebih mendalam dan dipahami anak.

Mantan Pejabat Sekda Mimika itu meminta kepada orang tua   mengambil bagian dengan mengikuti perkembangan pendidikan anak.

"Sehingga ketika ada guru yang memberikan banyak catatan kepada anak atau terlalu banyak ceramah orang tua bisa komplain ke sekolah," ujar Jeni.

Wartawan: Jefri Manehat
Editor: Yosefina

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar