Translate

Lemasko Sebut Pemkab Mimika Perlu Bangun Pabrik Pengolahan Sampah

Bagikan Bagikan

 

TPA di Iwaka, Kabupaten Mimika
(Foto: Istimewa)
SALAM PAPUA (TIMIKA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika perlu membangun pabrik pengolahan sampah sebagai salah satu solusi penanganan sampah di Kabupaten Mimika.

Pabrik pengolahan sampah yang dimaksud bukan hanya pabrik untuk pengolahan sampah organik menjadi kompos tapi juga perlu pabrik yang bisa mendaur ulang sampah anorganik yang tidak dapat terurai secara alami seperti sampah plastik.

“Selama ini sampah hanya ditumpuk di TPA (tempat pembuangan akhir-Red) Iwaka san, kalau tidak diolah maka jika TPA itu sudah penuh mau dibuang di mana lagi. Jadi sebaikanya perlu ada pabrik pegolahan sampah organik dan anorganik. Pembangunan pabrik sangat mungkin dilakukan karena APBD Mimika besar,” kata Wakil Ketua Lemakso, Marianus Maknaipeku di Timika, Rabu(11/5/2022).

Sementara itu Pelaksana Tugas Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mimika, Ir. Syahrial kepada Salam Papua mengatakan Pemkab Mimika melalui DLH telah mengadakan pabrik kompos yang ditempatkan di Iwaka.

"Kita sudah ada pabrik kompos, tapi sekarang kita perlu bentuk kelompok kemudian dilatih untuk melakukan pemilihan sampah sehingga sampah yang dipilah dapat diolah kembali menjadi pupuk kompos," kata Syahrial yang juga sebagai Asisten II Setda Mimika. 

Mantan Kepala Dinas Ketahanan Pangan itu berharap dengan adanya pabrik kompos dapat meresolusi sampah di TPA Iwaka.

"Kita usahakan tahun depan SDM yang kita bentuk sudah siap, kita juga usahakan dorong anggaran di APBD Perubahan Tahun 2022 atau di APBD Induk Tahun 2023 untuk melakukan pelatihan," terangnya.

Wartawan: Jefri Manehat
Editor: Yosefina

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar