Translate

Sebagai Persiapan Mimika jadi Ibu Kota Papua Tengah, Semua Bangunan di Atas Lahan Pemkab Sekitar Lapangan Jayanti Segera Diratakan

Bagikan Bagikan
Sejumlah bangunan yang didirikan di atas lahan milik Pemkab Mimika,
sekitar Lapangan Jayanti.
(Foto: Dokumen SALAM PAPUA)
SALAM PAPUA (TIMIKA) - Semua bangunan di atas lahan milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika di sekitar Lapangan Jayanti, Kelurahan Inauga, Distrik Mimika Baru akan diratakan.

Hal ini sebagai tindakan penertiban bangunan liar karena sebentar lagi Mimika menjadi Ibu Kota Provinsi Papua Tengah.

Kepala Seksi Pengendalian, Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Mimika, Antonius Lesomar  mengatakan pihaknya telah melakukan sosialisasi terhadap warga terkait hal ini, namun ada beberapa pihak yang dengan tegas menyatakan tidak mau tinggalkan tempat itu karena memiliki sertifikat tanah serta surat pelepasan tanah.

Hal itu sudah laporkan kepada Kepala Dinas Satpol PP untuk dilanjutkan kepada Bupati Mimika, karena lahan itu milik Pemkab Mimika dan tidak boleh ada sertifikat lain diatas lahan tersebut. “Siapa yang membuat dan siapa yang tanda tangan sertifikat dan surat pelepasan lahan itu? kalau pejabat pasti tahu lahan itu milik pemerintah," kata pria yang akrab disapa Tony itu di Timika, Jumat (20/5/2022).

Ia menjelaskan lahan milik Pemkab di sekitar Lapangan Jayanti belum pernah dihibahkan kepada siapapun, sehingga pada saat perintah pimpinan untuk lakukan penertiban maka semua bangunan akan diratakan.

"Kita juga akan berkoordinasi dengan pihak kelurahan dan distrik yang punya wilayah untuk sama- sama selesaikan masalah tersebut sebelum  petugas melakukan penertiban," ujarnya.

Selain bangunan di sekitar Lapangan Jayanti, pihak Dinas Satpol PP juga akan melakukan penertiban terhadap semua bangunan yang dianggap menghalangi jalan.

"Semua bangunan yang menghalangi jalan akan dibongkar. Ini adalah langkah untuk persiapan Mimika sebagai ibu kota Papua Tengah," kata Tony.

Wartawan: Jefri Manehat
Editor: Yosefina
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar