Translate

Bamanat Gandeng Polres Mimika Bekali Calon Karyawan yang Akan Bekerja di Freeport

Bagikan Bagikan

Foto bersama usai kegiatan (Foto:salampapua.com)

SALAM PAPUA (TIMIKA) - PT. Bamanat Amiete Papua menggelar kegiatan pembekalan orientasi hukum kepada calon karyawan yang akan naik bekerja di area mil 74 PT. Freeport Indonesia (PTFI), yang dilaksanakan di kantor Bamanat jalan Elang Nomor 72 Mimika Baru, Mimika-Papua, pukul 10.00 WIT - 11.30 WIT, Jumat (10/6/2022).

Pada kegiatan ini PT. Bamanat Amiete Papua menggandeng Polres Mimika dalam bentuk kerjasama, yang mana bertindak sebagai pemateri adalah anggota Satreskrim Polres Mimika yakni Iptu Lexi Medianto,S.H dan Ipda P. Sigalingging.

Adapun materi yang disampaikan adalah terkait pelanggaran-pelanggaran hukum yang banyak terjadi di area kerja PTFI seperti pencurian konsentrat atau barang perusahaan lainnya, pemotongan pipa, Miras, narkoba dan termasuk juga pertengkaran fisik sesama karyawan serta beberapa kasus lingkup undang-undang ITE yang sering terjadi di Jobsite.

“Itulah materi-materi yang kami bagikan pada calon karyawan Bamanat agar mereka selalu bekerja dengan baik tanpa mau berkompromi dengan pelanggaran-pelanggaran tersebut,” kata Iptu Lexi.

Saat Iptu Lexi dan Ipda Sigalingging memaparkan berbagai pelanggaran yang banyak terjadi di area jobsite PTFI dan menjelaskan juga apa sanksi hukumnya

Pihaknya pun berterima kasih kepada PT Bamanat Amiete Papua karena telah menginisiasi program tersebut.

“Ini adalah program yang baik, dimana para karyawan diberikan pembekalan agar tidak melakukan pelanggaran hukum yang saya sebutkan di atas. Saya mewakili Polres Mimika, khususnya dari Satreskrim berharap agar program orientasi ini dilaksanakan secara konsisten sehingga ada dampak positif yang terjadi, yaitu ke depannya terjadi penurunan jumlah kasus-kasus pencurian konsentrat, Miras, narkoba, ITE dan sebagainya di wilayah kerja PTFI,” ujarnya.

Menurut dia, program kerjasama seperti ini baru pertama kali terjadi yang dilakukan oleh PT. Bamanat Amiete Papua.

“Setahu saya program kerjasama dengan Polres ini baru pertama dilakukan oleh perusahaan labor supply yaitu Bamanat. Padahal masih banyak perusahaan lainnya yang bergerak di bidang yang sama dengan Bamanat. Kami harap program pertama ini menjadi Role Model bagi perusahaan lainnya,” tambahnya.

Tampak peserta sangat antusias mengikuti kegiatan

Pada kesempatan yang sama, mewakili PT. Bamanat Amiete Papua, Randi Manurung juga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Kapolres Mimika, Kasat Reskrim Polres Mimika dan anggotanya yang telah mendukung dan terlibat langsung pada program ini.

“Tujuan kami agar semua saudara-saudara kita yang akan naik untuk bekerja di area PTFI melalui Bamanat tidak mengambil langkah yang salah saat bekerja nanti. Dengan pemaparan dari Iptu Lexi dan Ipda Sigalingging saya harap menambah wawasan hukum dan membuat para calon pekerja yang akan naik ke jobsite untuk selalu bekerja dengan profesional dan tidak terpancing untuk melakukan pelanggaran-pelanggaran hukum di area kerja PTFI,” ungkap Randi.

Randi juga mengatakan bahwa banyak hal yang dapat menjadi peluang terjadinya tindakan-tindakan melanggar hukum saat bekerja di area kerja PTFI, namun dirinya berharap karyawan PT. Bamanat Amiete Papua untuk tetap Takut Tuhan dan bekerja secara profesional.

“Kesempatan yang sudah Tuhan kasih untuk dapat bekerja jangan disia-siakan, setialah terhadap hal yang kecil maka Tuhan akan percayakan hal-hal yang besar,” tutupnya.

Salah satu calon karyawan PT. Bamanat Amiete Papua
saat menandatangani kontrak dan pakta integritas

Sementara itu, Mozes Kurara Rumabar, salah satu dari peserta kegiatan tersebut mengaku bersyukur dan mendapatkan bekal antisipasi pelanggaran hukum ketika bekerja di PTFI. Dia pun berharap perusahaan-perusahaan yang lain dapat melakukan hal yang sama bagi karyawan-karyawannya.

"Informasinya menarik dan sangat bermanfaat bagi kita agar terhindar dari pelanggaran-pelanggaran hukum saat bekerja di Freeport. Jika melanggar, sanksinya sangat berat dan jika tetap dilakukan, maka kita akan masuk penjara serta pastinya masa depan kita juga akan terhenti di situ," ujar Mozes saat diwawancarai setelah kegiatan.

Pantauan salampapua.com, di akhir kegiatan dilakukan penandatanganan kontrak dan pakta integritas oleh calon karyawan PT. Bamanat Amiete Papua yang akan bekerja di area mil 74 PTFI.

Wartawan/Editor: Jimmy R

Baca juga: Bamanat Training Center Pelatihan Mekanik Industri, Dasar dan Ahli K3 Umum di Timika

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar