Translate

Dinkes Mimika Buka Pos Pelayanan Imunisasi Campak dan Rubella di Tempat Umum

Bagikan Bagikan
Suasana kegiatan imunisasi di salah satu pusat perbelanjaan di Jalan Budi Utomo Timika (Foto:salampapua.com/Yosefina)

SALAM PAPUA (TIMIKA) - Target imunisasi campak dan rubella dalam bulan imunisasi anak nasional (BIAN), Mei sampai Juli 2022 di Kabupaten Mimika untuk anak usia sembilan bulan sampai 12 tahun belum tercapai.

Dari target imunisasi campak dan rubella dalam BIAN tahun ini sebanyak 41.092 anak namun saat ini pencapaiannya baru 47 persen, sehingga Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika membuka pos pelayanan imunisasi di tempat-tempat umum seperti di pusat perbelanjaan, gereja dan rencananya akan dibuka lagi di fasilitas umum lainnya.

Selain itu, petugas kesehatan dari Puskesmas-Puskemas juga akan mendatangi kelurahan dan kampung untuk melakukan imunisasi.

Untuk kegiatan imunisasi di sekolah-sekolah telah dilakukan namun hasilnya masih sangat jauh dari target sehingga akan kembali dilakukan setelah masuk sekolah.

“Sekarang anak-anak sedang liburan jadi kita hentikan dulu sementara kegiatan di sekolah-sekolah. Kita lanjutkan lagi tanggal 18 Juli mendatang setelah anak-anak masuk sekolah,” ungkap Kepala Seksi Imunisasi Dinas Kesehatan Mimika, Nelsi Bunga Alon.

Pantauan Salam Papua tadi siang, Rabu (29/6/2022), petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika melakukan pelayanan imunisasi di salah satu pusat perbelanjaan di Jalan Budi Utomo Timika.

Pada kesempatan itu selaian imunisasi campak dan rubella, dilakukan juga pemberian satu atau lebih jenis imunisasi untuk melengkapi status imunisasi anak usia 12 sampai 15 bulan, serta skrining penyakit tidak menular (PTM) dan dan tuberkulosis (TB).

“Untuk kegiatan yang kita lakukan hari ini ada 112 anak yang diimunisasi. Sementara untuk skrining  TB ada 47 orang, hasilnya suspek atau orang yang bergejala dua orang. Sementara untuk pemeriksaan gula darah sebanyak 46 orang, hasilnya satu orang positif gula,” ujarnya.

Nelcy berpesan kepada seluruh masyarakat yang anaknya belum mendapat imunisasi campak dan rubella dan anak yang usianya di atas Balita yang status imunisasi belum lengkap bisa mendatangi fasilitas kesehatan seperti Puskesmas dan hadir dalam kegiatan Posyandu.

Wartawan: Yosefina

Editor: Jimmy R

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar