Translate

Eltinus Omaleng Tegaskan di Mimika Tidak Ada Cerita Tolak Otsus Jilid Dua, Pemekaran DOB dan Mendeklarasikan Dirinya sebagai Gubernur Papua Tengah

Bagikan Bagikan
Ribuan warga Mimika menghadiri acara
penyampaian pernyataan dukungan
terhadap pemekaran DOB Provinsi 
Papua Tengah, pelaksanaan UU
Otsus jilid dua dan juga deklarasi
Eltinus Omaleng sebagai Gubernur
Provinsi Papua Tengah di halaman
Gereja Kingmi Marthen Luther,
Jalan Agimuga, Mile 32,
Distrik Kuala Kencana,
Kabupaten Mimika.
(Foto: Istimewa)
SALAM PAPUA (TIMIKA) - Bupati Mimika, Eltinus Omaleng menegaskan seluruh warga Mimika mendukung pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) Provinsi Papua Tengah, pelaksanaan Undang-Undang Otonomi Khusus (Otsus) jilid dua dan juga mendeklarasikan dirinya sebagai Gubernur Provinsi Papua Tengah pada sebuah acara pernyataan dukungan dan deklarasi yang digelar di halaman Gereja Kingmi Marthen Luther di Jalan Agimuga, Mile 32, Distrik Kuala Kencana, Rabu (15/6/2022).

Dalam acara tersebut Eltinus Omaleng menyampaikan dengan suara yang keras dan penuh semangat bahwa, dirinya sebagai Ketua Asosiasi Bupati-Bupati Wilayah Meepago atas tujuh kabupaten dan mewakili 350ribu warga Mimika menyatakan dukungan terhadap pemekaran Provinsi Papua Tengah dan pelaksanaan Undang-Undang Otsus jilid dua.

“350 ribu jiwa yang ada  di Mimika saya sebagai orang nomor satu atas nama mereka anggaplah yang datang dan tidak datang itu sah mendukung Otsus jilid dua dan pemekaran Provinsi Papua Tengah. Di Mimika tidak ada cerita tolak,” tegas Eltinus.

Ia juga dengan  suara yang keras dan penuh semangat mendeklarasikan dirinya sebagai Gubernur Provinsi Papua Tengah.

“Siapa yang mau lawan silahkan, no problem,” teriak Eltinus disambut sorak dan tepuk tangan ribuan warga yang hadir.

Ia menyebutkan bersama Ketua DPRD Mimika, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh perempuan, tokoh pemuda wilayah adat Meepago mendukung penuh rekonsiliasi menuju Papua damai. Mendorong sosialisaai keberlanjutan otonomin khusus demi kesejahteraan wilayah adat Meepago.

“Mari kita sama-sama mendukung kebijakan pemerintah pusat yang sudah menetapkan pemekaran Provinsi Papua Tengah menuju Papua damai, sejahtera,  bermatabat dan menjadi tuan di negeri sendiri,” kata Eltinus 

Pada kesempatan itu, Eltinus juga berterimakasih kepada Presiden Republik Indonsia, Joko Widodo atas perhatian serius membangun Tanah Papua.

Dia juga berterima kasih kepada Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian, pimpinan TNI Polri yang telah menjaga keamanan dan ketertiban di Tanah Papua. 

Sesudah menyampaikan pernyataan dukungan terhadap pemekaran Provinsi Papua Tengah, Otsus jilid dua dan mendeklarasikan dirinya sebagai Gubernur Provinsi Papua Tengah, Eltinus bersama Ketua DPRD Mimika, Ketua FKUB Mimika, tokoh masyarakat, tokoh adat, ketua-ketua suku, perwakilan dari sejumlah kerukunan di Kabupaten Mimika menandatangani sebuah spanduk yang bertuliskan deklarasi Mimika bersatu wilayah Meepago.

Di spanduk itu juga ditulis, kami  Bupati Mimika, Ketua DPRD, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh perempuan, tokoh pemuda di Kabupaten Mimika, pada hari Rabu 15 Juni 2022 dengan ini menyatakan sikap, mendukung upaya penyelesaian konflik di Papua secara bermatabat demi tercapaianya Papua damai. Mendorong penyelesaian masalah Papua secara rekonsiliasi dan restitusi menuju Papua yang aman dan mendukung Otsus jilid dua dan pemekaran Papua Tengah.

Usai menandatangani spanduk tersebut Omaleng mengajak semua orang yang hadir berjoget bersama sambil diiringi musik.

Diawal acara tersebut telah dilakukam juga kegiatan bakar  batu yang memotong puluhan ekor babi.

Wartawan: Yosefina/Jefri
Editor: Yosefina
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar