Translate

Tahapan Pemilu Serentak 2024 Resmi Diluncurkan di Jakarta, KPU Mimika Ikuti Secara Daring

Bagikan Bagikan
Ketua KPU Mimika, Indra Ebang Ola
menyampaikan sambutan usai
mengikuti kegiatan peluncuran
tahapan Pemilu Serentak 2024
secara daring di Kantor KPU Mimika.
(Foto: SALAM PAPUA/Yosefina Dai Dore)

SALAM PAPUA (TIMIKA) - Pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika mengikuti secara daring dari Kantor KPU Mimika peluncuran tahapan Pemilu serentak 2024 yang digelar di Gedung KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (14/6/2022) malam sekira Pukul 21.18 WIT. 

Kegiatan itu dihadiri Kapolres Mimika,  AKBP I Gede Putra, SH., SIK, Kepala Kejaksaan Negeri Mimika, Sutrisno Margi Utomo, SH., MH, Ketua Pengadilan Negeri Mimika, Yajid, SH., MH, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Mimika, Yan Selamat Purba, sejumlah Anggota DPRD Mimika, pimpinan partai politik dan tamu undangan lainnya. 

Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian dalam sambutannya saat kegiatan peluncuran tahapan Pemilu 2024 di Jakarta menyebutkan bahwa Presiden RI telah menyampaikan dukungannya terhadap Pemilu 2024.

"Kami sampaikan beberapa hal mewakili Pak Presiden bahwa beberapa kali rapat kabinet internal di istana, Pak Presiden secara tegas dan pemerintah mendukung penuh Pemilu dan Pilkada yang telah ditetapkan," kata Tito.

Keluarga besar KPU Mimika foto bersama
perwakilan dari sejumlah partai politik dan
tamu undangan lainnya usai mengikuti
peluncuran tahapan Pemilu serentak 2024 
secara daring di Kantor KPU Mimika.
(FOTO: SALAM PAPUA/YOSEFINA DAI DORE)
Ia mengatakan pemerintah siap memberikan dukungan berupa logistik hingga anggaran yang diperlukan KPU untuk memperlancar tahapan Pemilu. Ia pun berharap tahapan Pemilu akan berjalan baik sampai selesai.

"Tahapan Pemilu ini sebagai pendidikan politik untuk masyarakat betul-betul paham bahwa Pemilu penting menentukan masa depan bangsa, sehingga partisipasi pemilih akan lebih baik ketimbang tahun-tahun sebelumnya," kata dia. 

Tahapan Pemilu dimulai hari ini dengan agenda perencanaan program dan anggaran serta penyusunan peraturan pelaksanaan penyelenggara Pemilu.

Agenda itu sudah diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 3 Tahun 2022 tentang jadwal dan tahapan Pemilu 2024.

Sementara itu Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI),  Puan Maharani dalam sambutannya mengatakan Pemilu 2024 jangan dijadikan tempat tempur kepartaian.

“Bung Karno pernah memberi pesan kepada kita, pemilihan umum jangan menjadi tempat pertempuran perjuangan kepartaian yang kemudian dapat memecah belah bangsa Indonesia,” tegas Puan.

Anak dari Megawati Soekarnoputri ini mengimbau agar hakikat dan jati diri Pemilu dikembalikan sebagai instrumen demokrasi.

Selanjutnya Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari resmi membuka peluncuran tahapan penyelenggaran Pemilu 2024 yang ditandai dengan menekan tombol sirene.

"Pada malam hari ini tanggal 14 Juni 2022, kalau dihitung mulai dari 14 Februari 2024 hari pemungutan suara dihitung mundur, pada hari ini tepat 20 bulan sebelum hari pemungutan suara. Menurut mandat konstitusi dan mandat undang-undang pada hari ini adalah hari dimulainya tahapan Pemilu Tahun 2024,” kata Hasyim

Tidak lupa Hasyim meminta dukungan kepada semua pihak yang terlibat agar tahapan hingga pelaksanaan Pemilu dapat berjalan lancar.

"Tentu kami tidak bisa bekerja sendiri, kami selalu mohon dukungan dari pemerintah, kami mohon dukungan DPR, partai politik, segenap pimpinan bangsa dan seluruh rakyat Indonesia," ucapnya. 

Dalam peluncuran tahapan pemilu, acara juga diisi oleh penyanyi ternama, Novia Bachmid dan Tia pentolan Akadami Fantasi Indosiar.

Kemudian setelah selesai mengikuti acara peluncuran tahapan Pemilu 2024 secara daring itu, Ketua KPU Mimika, Indra Ebang Ola menyampaikan  KPU tidak bisa berjalan sendiri, sehingga mulai hari ini pihaknya mulai meneguhkan kembali komitmen untuk terus membangun demokrasi dan menjaga kualitas demokrasi. “Agar demokrasi bermatabat dan berwibawa demi kepentingan dan kemaslahatan kita semua khususnya yang ada di Mimika,” katanya. 

Wartawan/Editor: Yosefina

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar