Translate

Bhabinkamtibmas Polres Mimika Beri Materi Wawasan Kebangsaan Kepada Pelajar SMP

Bagikan Bagikan
Briptu Nixon Mehue saat memberikan materi wawasan kebangsaan kepada pelajar SMP (Foto:salampapua.com/Acik)

SALAM PAPUA (TIMIKA) - Bhabinkamtibmas Polres Mimika, Briptu Nixon Mehue, S.H memberikan materi wawasan kebangsaan kepada para pelajar SMP Kristen Kalam Kudus Timika.

“Ini berkaitan dengan masa pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru angkatan 2022-2023. Jadi kami diundang pihak sekolah,” ungkap Briptu Nixon, Jumat (8/7/2022).

Adapun materi yang disampaikan adalah gambaran umum terkait wawasan kebangsaan untuk memupuk cara pandang bangsa Indonesia terhadap diri dan lingkungannya berlandaskan Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI yang bertujuan untuk meningkatkan nasionalisme dan rasa kebangsaan atas dasar kesadaran bersama warga negara suatu bangsa dalam wilayah NKRI.

Juga  memberikan pandangan terkait perjuangan para pahlawan bangsa dalam melawan penjajah di negara Indonesia selama tiga setengah abad atau 350 tahun lamanya.

Disampaikan bahwa sikap Nasionalisme atau cinta tanah air seorang siswa dan siswi harus dapat menghargai lambang negara, menyanyi lagu kebangsaan dengan sungguh-sungguh, hafal Pancasila, mengenal pahlawan bangsa, mengikuti upacara bendera, menjalankan semua aturan yang dibuat oleh sekolah dan yang lainnya. Sikap Toleransi seorang siswa dan siswi di sekolah adalah bagaimana dia tidak membeda-bedakan suku, menghargai agama teman di sekolah, serta harus menghormati guru.

“Hal yang sama juga dilakukan di rumah dan ke sesama di lingkungan tempat tinggal. Hal-hal kecil inilah yang bisa membuat kita menjadi orang yang berbeda, karena sikap kita sudah terlatih sejak dini,” tuturnya.

Sebagai rangkaian materi, juga diselingi dengan menyanyikan lagu rohani kristen, lagu nasional, mengenalkan nama-nama pahlawan, membaca teks Pancasila serta sesi tanya-jawab.

Wartawan: Acik

Editor: Jimmy R

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar