Translate

Delapan Orang Terinfeksi Rabies di Timika

Bagikan Bagikan
 Ilustrasi hewan yang dapat menularkan rabies (Foto:salampapua.com/Jefri)

SALAM PAPUA (TIMIKA) - Delapan orang di Timika terkonfirmasi terinfeksi Rabies atau virus yang ditularkan kepada manusia melalui air liur hewan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Reynold Ubra mengatakan, 8 orang yang terinfeksi Rabies tersebut merupakan hasil laporan dari rumah sakit di Timika.

"Laporan yang kami dapat dari rumah sakit dari Januari hingga saat ini sudah ada delapan kasus gigitan. Pekan lalu terdapat satu kasus baru," kata Rey saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (4/7/2022).

Menurut Rey, ini sinyal bagi Pemerintah karena Rabies di Timika merupakan kasus pertama.

“Kami akan melakukan koordinasi dengan teman-teman di Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan mengenail hal ini. Saya juga sudah menyampaikan kepada setiap puskesmas serta melakukan pertemuan sektor, mengingat anjing ras di Timika sangat banyak," ujarnya.

Rey mengingatkan warga di Mimika yang memelihara anjing ras agar dijaga secara baik. Resikonya Rabies dapat menimbulkan kematian, yang diawali dengan kejang-kejang.

Sementara itu Asistens III Setda Mimika, Hendriete Tandiono juga meminta warga Mimika agar menjaga anjing peliharaannya dengan baik dan tidak dilepas liar.

"Jaga baik-baik itu peliharaan, karena Timika sudah banyak Rabies," tuturnya.

Wartawan: Jefri Manehat

Editor: Jimmy

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar