Translate

Disnakertrans Mimika Gelar Pelatihan Bagi Pencaker OAP, Gunakan Dana Otsus Rp 2 Miliar

Bagikan Bagikan
Foto bersama di sela-sela kegiatan pelatihan kompetensi bagi para pencari kerja khususnya orang Asli Papua (OAP) di Mimika (Foto:salampapua.com/Jefri)

SALAM PAPUA (TIMIKA) - Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Mimika menggelar pelatihan kompetensi bagi para pencari kerja khususnya orang Asli Papua (OAP) di salah satu hotel di Timika, Jumat (15/7/2022).

Kepala Disnakertrans, Paulus Yanengga menerangkan, pelatihan tersebut bertujuan untuk memberikan penguatan terhadap pencaker OAP meliputi pelatihan alat berat, alat berat eksavator, beko loder, mekanik alat berat, wheel loader dan mengemudi, yang mana pelatihan ini merupakan yang pertama kali dilakukan Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Disnakertrans.

Pelatihan ini akan berjalan selama 14 hari, dimana tujuh hari  pertama pelatihan difokuskan pada teori dan tujuh terakhir fokus pada praktik. Peserta juga akan diberikan sertifikat pelatihan sebagai pendukung dalam mencari kerja.

"Usai pelatihan, mereka (peserta pelatihan) masih menjadi tanggungjawab Disnakertrans. Setelah ini kita akan menyurat ke perusahaan-perusahaan yang ada di Mimika agar peserta bisa magang di sana. Makanya kita berharap peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik sehingga ketika magang bisa menarik perhatian para pimpinan perusahaan untuk kemudian direkrut menjadi karyawan pada perusahaan tersebut," ujar Yanengga.

Namun Yanengga belum memastikan pelatihan ini berlanjut atau tidak. Ia menyebutkan tergantung anggaran.

"Untuk pelatihan ini menggunakan dana sebesar Rp 2 Miliar yang bersumber dari Dana Otonomi Khusus (Otsus) tahun 2022. Kita belum memastikan kegiatan seperti ini akan berlanjut atau tidak, seandainya kegiatan ini sukses dilaksanakan maka Pemerintah akan mengalokasikan kembali dana untuk pelatihan selanjutnya," tuturnya.

Sementara itu Asisten II Setda Mimika, Willem Naa yang membuka kegiatan itu mengapresiasi Disnakertrans Mimika yang melakukan terobosan baru dalam memberikan pelatihan kepada generasi Papua.

"Ini terobosan yang luar biasa. Pemerintah berharap ini dapat bermanfaat bagi generasi Papua untuk masa yang akan datang," ujar Willem.

Wartawan: Jefri Manehat

Editor: Jimmy R 

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar