Translate

Penyuplai Sayur dan Buah Terbesar di Timika, Petani di Naena Muktipura Minim Perhatian Pemerintah

Bagikan Bagikan

 

Kebun Sayur Pare Milik Warga di Kampung Naena Muktipura (Foto:salampapua.com/Jefri)

SALAM PAPUA (TIMIKA) - Penyuplay sayur dan buah terbesar di Timika bersumber dari para petani di Kampung Naena Muktipura, Distrik Iwaka, namun sayang perhatian Pemerintah Kabupaten Mimika terhadap para petani sangat minim.

Salah satu petani sayur pare di Kampung Naena Muktipura yang akrab disapa Musa membenarkan hal itu ketika ditemui di lahan miliknya, Sabtu (2/7/2022).

Musa mengatakan, perhatian pemerintah terhadap para petani di Kampung Naena Muktipura hampir tidak terlihat.

"Yah, palingan hanya bantuan pupuk bersubsidi yang disalurkan melalui kelompok, dan itupun setahun sekali," kata Musa.

Kepala Kampung Naena Muktipura, Lalu Sukri Rahman juga menegaskan, perhatian yang diberikan Pemerintah kepada petani hanya berupa pemberian pupuk.

"Pemberian pupuk bersubsidi kepada petani rata-rata hanya satu karung per satu KK. Itu juga setahun sekali sedangkan setiap KK garap lahan mencapai 2 hektare, makanya mau tidak mau petani berusaha sendiri," ungkap Sukri.

Sembilan persen warga di Kampung Naena Muktipura berprofesi sebagai petani. Bahkan PNS, guru, dan mantri juga bertani. Setiap hari sayur dan buah yang disuplai dari kampung Naena Muktipura mencapai 10 ton bahkan lebih.

Ke depan, Kampung Naena Muktipura akan mengembangkan Desa Wisata Tani.

Desa wisata tani dirancang sebagai pasar bagi para petani. Selama ini petani yang sendiri mencari pasar, dengan kehadiran desa wisata tani warga akan datang langsung membeli di lokasi.

"Desa Wisata Tani sudah dirancang tinggal ready saja. Gambaran wisata tani ini dimana warga selaku pembeli bisa panen sendiri sambil petani memberikan pemahaman," kata Sukri.

Wartawan: Jefri Manehat

Editor: Jimmy R

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar