Translate

Dinkes Mimika Mulai Siapkan Strategi Cegah Cacar Monyet

Bagikan Bagikan
Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Mimika, Reynold Ubra (Foto:salampapua.com/Jefri)

SALAM PAPUA (TIMIKA) - Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) mulai mempersiapkan strategi untuk mengantisipasi kasus cacar monyet.

Dalam hal ini, Dinkes telah berkoordinasi dengan stakeholder terkait seperti PT Freeport Indonesia yang berada di dataran tinggi (High Land) serta Stakeholder lainnya terkait di Low Land.

"Mengantisipasi dan mengetahui cacar monyet, kami bersama Freeport telah berkoordinasi untuk melakukan screening melalui rumah sakit internasional SOS. Kita antisipasi sejak awal karena ketika sudah ada kasus kemungkinan kontak erat sudah mulai menyebar," kata Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Mimika, Reynold Ubra saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (22/8/2022).

Rey mengatakan, Dinkes juga bakal berkordinasi dengan setiap organisasi profesi yang ada di Timika untuk menentukan prosedur dalam mendeteksi kemungkinan kontak erat cacar monyet.

"Kami segera duduk bersama teman-teman organisasi profesi seperti Ikatan Dokter Indonesia, Puskesmas, dan rumah sakit untuk menetapkan bagaimana standar untuk pendeteksian yang lebih dini, terus kontak eratnya seperti apa, mencatat dan melapornya seperti apa, kemudian intervensinya lebih lanjut seperti apa," ujarnya.

Pria kelahiran Fakfak ini menambahkan, dalam pekan ini pihaknya mulai mempersiapkan prosedur tersebut sehingga cacar monyet dapat dideteksi lebih dini.

Wartawan: Jefri Manehat

Editor: Jimmy

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar