Translate

Disnak dan Keswan Mimika Gelar Pelatihan Pengolahan Sei dan Babi Panggang di Kwamki Narama

Bagikan Bagikan
Pelatihan pengolahan daging babi panggang
di halaman Balai Kampung Tunas Matoa,
Distrik Kwamki Narama.
(Foto: Salam Papua/Yosefina)
SALAM PAPUA (TIMIKA) - Pemerintah  Kabupaten Mimika melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan menggelar penyuluhan dan pelatihan pengolahan pangan asal hewan/ternak, yakni pengolahan sei babi dan daging babi panggang di Balai Kampung Tunas Matoa, Distrik Kwamki Narama, Selasa (30/8/2022).

Penyuluhan dan pelatihan yang dibiayai dana Otsus Tahun Anggaran 2022 ini diikuti lima kelompok peternak yang merupakan binaan dari Disnak dan Keswan. lima kelompok itu anggotanya sebanyak 50 orang, yakni ada tiga kelompok yang setiap kelompok beranggotakan 10 orang, dua kelompok lainnya sembilan orang dan 11 orang.

Untuk pengolahan babi panggang menggunakan alat panggang yang sumber apinya dari kompor gas yang diadakan Disnak Keswan dan telah diserahkan kepada lima kelompok itu. Alat panggang itu juga bisa digunakan untuk memasak steak. Sementara untuk pengolahan sei babi atau daging babi asap dilakukan secara tradisional yakni pengasapan menggunakan kayu bakar.

Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Disnak dan Keswan, Drh. Bhakti Erma Surfani dalam sambutannya menjelaskan kegiatan penyuluhan dan pelatihan ini untuk mendukung masyarakat yang mata pencahariannya sebagai peternak.

Daging babi sudah tidak  didatangkan dari luar Mimika agar ternak babi di Mimika bisa berkembang dengan pesat dan harga jualnya juga cukup baik sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Dengan semakin meningkat  produksi ternak babi maka kami dari Disnak dan Keswan mulai mengarahkan peternak mengolah daging menjadi produk pangan. Apalagi semua bagian tubuh babi bisa dikonsumsi termasuk kulit bisa diolah menjadi kerupuk yang sangat enak,” ujarnya.

Erma mengatakan setelah dilakukan pelatihan pengolahan daging babi panggang dan sei ini, selanjutnya direncanakan pengadaan alat vakum plastik untuk packing. “Tujuan kita mulai mengarahkan peternak memiliki home industri,” ucapnya.

Kegiatan tersebut dihadiri juga oleh Sekretaris Distrik Kwamki Narama, Pilep Losu, SE.

Wartawan/Editor: Yosefina

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar