Translate

Disnakertrans Mimika Serahkan Sertifikat Kompetensi Kepada 54 Orang Asli Papua

Bagikan Bagikan
Foto bersama usai penyerahan sertifikat secara simbolis kepada peserta pelatihan kompetensi (Foto:Istimewa)

SALAM PAPUA (TIMIKA) - Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) menyerahkan sertifikat latihan kompetensi bagi orang asli Papua (OAP).

Penyerahan sertifikat ini dilakukan di Hotel Serayu Timika, Jumat (5/8/2022), setelah diselenggarakannya pelatihan kompetensi bagi para pencari kerja khususnya orang Asli Papua beberapa waktu lalu.

Kepala Disnakertrans Kabupaten Mimika, Paulus Yanengga menerangkan, sertifikat tersebut diberikan kepada 54 OAP yang telah mengikuti pelatihan kompetensi pada bidang alat berat wheel loader dan latihan mengemudi.

"Lima puluh empat orang yang terima sertifikat itu terdiri dari 34 orang pada bidang mengemudi dan 20 orang bidang alat berat wheel loader. Ini semua dapat terlaksana atas kerjasama yang baik antara Disnakertrans dan LPK Yamaupare dalam rangka membina orang asli Papua agar ketika terjun ke dunia kerja dapat mengembangkan diri secara profesional," ujar Paulus saat menyampaikan sambutannya pada kesempatan itu.

Dia mengatakan, setelah mengikuti pelatihan selama empat belas hari, Pemerintah berharap peserta dapat mengembangkan diri.

Pemerintah melalui Disnakertrans juga akan berkoordinasi dengan setiap perusahaan di Mimika agar peserta yang telah mengikuti pelatihan bisa magang untuk mempraktikkan ilmu yang didapat.

Paulus menambahkan, kesuksesan kegiatan ini akan menjadi tolok ukur kelanjutan pelatihan kompetensi bagi orang asli Papua.

"Jadi kita berharap peserta bisa menunjukkan kinerja yang baik sehingga bisa diterima oleh perusahaan-perusahaan di Mimika. Kalau pelatihan ini menghasilkan nilai positif bagi orang asli Papua maka pemerintah akan melanjutkan pelatihan ini, dan ketika pelatihan ini berlanjut maka dipastikan semakin banyak orang asli Papua berkompeten yang siap dipakai," tutur Paulus.

Wartawan: Jefri Manehat

Editor: Jimmy

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar