Translate

Kantor SAR Timika Gelar Rakor dan Pelatihan Potensi SAR

Bagikan Bagikan
Deputi Operasi dan Kesiap-siagaan pada Badan SAR Nasional (Basarnas), Laksamana Muda TNI Ribut Eko Suyatno didampingi Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob bersama Forkopimda di Mimika foto bersama dengan peserta Rakor dan Pelatihan Potensi SAR (Foto:salampapua.com/Jefri)

SALAM PAPUA (TIMIKA) - Kantor SAR Timika menggelar rapat koordinasi (Rakor) SAR Daerah dan pelatihan potensi SAR, yang diselenggarakan di Hotel Horison Ultima Timika, Senin (22/8/2022).

Rakor ini dihadiri Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob serta Forkopimda di Mimika itu dibuka secara langsung Deputi Operasi dan Kesiap-siagaan pada Badan SAR Nasional (Basarnas), Laksamana Muda TNI Ribut Eko Suyatno.

Laksamana Muda TNI Ribut Eko Suyatno dalam kesempatan itu berharap rakor SAR daerah dapat menghasilkan sinergitas yang solid antara SAR Timika bersama Pemerintah Kabupaten Mimika serta komponen lainnya. Sedangkan pelatihan potensi SAR sendiri bertujuan untuk melatih potensi SAR Timika agar memiliki kemampuan serta pengetahuan tentang dasar Search and Rescue agar ketika ada musibah masyarakat ataupun potensi SAR yang dilatih dapat menjadi eksekutor penolong bukan saja menjadi penonton.

"Makanya ini harus terorganisir dengan baik, untuk itu saya berharap rakor SAR daerah yang dilaksanakan hari ini dapat meningkatkan kemampuan koordinasi, soliditas antara Pemerintah Daerah, TNI, Polri dengan SAR tetap terpelihara," ujar Laksamana Muda TNI Ribut kepada wartawan.

Mantan Danlanal Timika itu pun meminta Pemerintah Kabupaten Mimika dapat merangkul semua komponen dalam mengantisipasi situasi kedaruratan daerah atau kontinjensi daerah sehingga dapat memberikan solusi bagi pelayanan transportasi udara serta transportasi laut di Mimika.

Sementara itu Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob mengatakan, Pemkab Mimika mengapresiasi singergitas antara seluruh komponen dalam penanganan terhadap segala musibah yang terjadi di Mimika.

"Pemerintah sangat mengapresiasi sinergitas yang terbangun selama ini. Sinergitas antara Pemerintah dan komponen terkait dalam penanganan musibah di Timika sangat baik. Contohnya saja ada dua kecelakaan udara kemarin, karena adanya sinergitas antara seluruh komponen baik itu Pemerintah, SAR  serta TNI dan Polri serta pihak lainnya proses evakuasi korban kecelakaan udara tidak butuh waktu lama dan proses evakuasi berjalan dengan lancar," ujar Wabup John.

Mantan Kepala Dinas Perhubungan itu juga berharap Rakor SAR Daerah tersebut tidak hanya menghasilkan sinergitas tapi juga menghasilkan rencana serta solusi untuk meminimalisir musibah yang akan terjadi di Mimika, sebab kecelakaan laut maupun udara di Timika cukup tinggi.

“Kantor SAR Timika perlu diapresiasi, meskipun minim peralatan serta sumber daya manusia, Kantor SAR Timika dapat mengakomodir 3 Provinsi sekaligus yakni Provinsi Papua Barat yakni Kaimana, Provinsi Papua Selatan dan Provinsi Papua Tengah yakni Kabupaten Mimika.

Wartawan: Jefri Manehat

Editor: Jimmy

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar