Translate

Lima Siswa SLBN Timika Ikut Lomba Keterampilan Siswa Nasional Tingkat Provinsi Papua

Bagikan Bagikan
Salah satu siswa SLBN Timika lagi fokus membatik sebelum mengikuti lomba tingkat Provinsi  Papua (Foto:salampapua.com/Acik)

SALAM PAPUA (TIMIKA) – Lima orang siswa Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Satu Atap Timika mengikuti Lomba Keterampilan Siswa Nasional (LKSN) Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) tingkat Provinsi Papua yang dilaksanakan tanggal 15-19 Agustus 2022.

Kepsek SLBN Timika, Sunardin S.Pd mengatakan, lima siswa ini mewakili lima kategori lomba yaitu lomba membatik, hantaran, karya kayu, tata boga dan merangkai bunga. Tema lomba tahun ini adalah “Talenta Vokasi Melejitkan Prestasi Majukan Negeri”.

“Meskipun lomba dilaksanakan secara daring, tapi ada beberapa lomba yang harus kami bawa ke Jayapura seperti untuk yang hasil lomba membatik dan hantaran, karena itu yang benar-benar dilihat hasilnya oleh juri. Kalau hanya video yang dikirim, itu kan tidak efektif. Lomba dilakukan dengan sistem daring karena covid-19. Tahun-tahun sebelumnya kalau ada lomba pasti siswanya diberangkatkan,” kata Sunardin saat ditemui salampapua.com di SLBN Timika, Jalan Poros SP5, Selasa (9/8/2022).

Untuk lomba membatik harus mengangkat kebudayaan lokal, sehingga yang dibuat siswa SLBN Timika yaitu batik motif Papua dengan gambar honai.

“Untuk batik sudah ada yang jadi saat adanya pelatihan tahun lalu dengan pelatih yang datang dari Jakarta. Pokoknya anak-anak kami yang ikut lomba semuanya sudah siap,” jelasnya.

Sebelumnya, selama dua tahun terakhir siswa-siswi SLBN Timika aktif ikut lomba-lomba yang digelar di tingkat Provinsi, bahkan mewakili Provinsi Papua. Lomba yang diikuti bidang seni, olahraga, dan keterampilan.

“Tahun ini ada satu siswa kami yang juara 1 tenis meja dan bocce di tingkat  Provinsi. Untuk lomba Festival Lomba Seni Siswa Nasional ada siswa SMA tuna rungu yang juara 1 desain grafis. Dia buat dua mata lomba yaitu poster dan story book, dan sekarang kita lagi siapkan untuk ikut lomba tingkat nasional,” katanya.

Lebih lanjut ia sampaikan, dalam rangka HUT RI ke-77 rencananya tanggal 16-18 Agustus 2022 akan menggelar lomba interen khusus siswa dan guru SLB dengan partisipasi orang tua siswa.

“Itu rencana awal kami khusus untuk memeriahkan HUT RI secara interen dalam sekolah bersama orang tua siswa. Kita harus kenalkan ke seluruh siswa bahwa ada hari khusus untuk perayaan kemerdekaan negara kita, sekaligus sebagai momen silaturahmi bersama semua orang tua dan para guru,” tutupnya.

Wartawan: Acik

Editor: Jimmy

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar