Translate

Mawaokauw Jaya jadi Kampung KB Terbaik di Papua, BKKBN Ingatkan Terus Tingkatkan Prestasi

Bagikan Bagikan
Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Papua, Nerius Auparay berbincang-bincang dengan aparat Kampung Mawokauw Jaya di ruang pelayanan program kampung KB.
(Foto: SALAM PAPUA/YOSEFINA)
SALAM PAPUA (TIMIKA) – Kampung Mawokauw Jaya, Distrik Wania Kabupaten Mimika  berhasil menjadi juara pertama Kampung Keluarga Berkualitas (KB) se-Papua pada lomba yang digelar Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN)  Papua pada April 2022 yang kemudian diumumkan hasilnya Bulan Juni lalu.

Sehingga untuk mendukung peran Kampung Mawokauw Jaya agar terus meningkatkan program Kampung KB ini, maka BKKBN Papua memfasilitasi kegiatan kelompok bina leluarga balita holistik integratif ( BKB HI) di Balai Kampung Mawokauw Jaya, Kabupaten Mimika, Rabu (24/8/2022).

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Papua, Nerius Auparay mengapresiasi prestasi kampung tersebut.

Sebagai mantan Direktur Bina Kesertaan KB Jalur Wilayah dan Sasaran Khusus pada BKKBN Pusat, Nerius menyebutkan sudah berkujung  di 300 kabupaten di seluruh Indonesia dan baru di Kampung Mawokauw Jaya ia melihat data kependudukan yang sangat lengkap dan memiliki ruangan-ruangan pelayanan.

Untuk ia berharap ke depannya tidak hanya data kependudukan yang lengkap namun ada dukungan lintas sektor dari organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemkab Mimika.

Sebab data yang lengkap dan dukungan lintas sektor pasti akan bermanfaat untuk masyarakat di sekitar sini, karena tujuan program kampung KB agar ada program-program lintas sektor untuk membantu masyarakat.  “Kampung KB itu isinya program yang terintegrasi dari dinas-dinas terkait. Jadi nanti kepala kampung tinggal koordinasi dengan dinas teknis terkait tentang kebutuhan yang masih kurang,” jelas Nerius.

Ia berharap kampung-kampung lain di Kabupaten Mimika bisa mencontoh keberhasilan Mawokauw Jaya menjadi lampung KB. 

Keberhasilan  Mawokauw Jaya menjadi Kampung KB terbaik di Papua diapresiasi juga Pemkab Mimika.

Bupati Mimika melalui Asisten III Setda Mimika, Hendritte W Tandiyono mengapresiasi pemerintah kampung dan warga yang telah bekerja keras sehingga Mawokauw Jaya menjadi Kampung KB terbaik di Papua. Dia berharap semua kegiatan yang dilakukan oleh kampung yang melibatkan para kader Posyandu, kader KB dan PKK ini dapat terus ditingkatkan agar manfaatnya terus dirasakan oleh masyarakat sekitar.

“Program Kampung KB diawali dari program pembangunan keluarga, bina keluarga remaja, bina keluarga Lansia dan usaha peningkatan pendapatan keluarga, semuanya bisa dilaksanakan. Jadi para kader harus mendukung kegiatan ini secara maksimal,” ucapnya. 

Sementara itu Kepala Kampung Mawokauw Jaya, Edison Rafra menyebutkan dukungan lintas sektor untuk pengembangan program kampung KB di Maokauw Jaya ini baru dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Mimika.

"Jadi dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana menyediakan denah untuk data kependudukan, tapi datanya kami pemerintahan kampung yang isi setelah turun mendata di masyarakat," ujarnya.

Kegiatan yang diikuti kader KB, kader Posyandu, PKK dan aparat kampung ini dihadiri juga Koordinator Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK) Perwakilan BKKBN Provinsi Papua, Ismilt Teapon, Sekretaris BKKBN Perwakilan Papua, Arianto Gamar, Sub Koordinator Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) BKKBN Perwakilan Papua, Alfian Marampung dan pihak Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana.

Wartawan/Editor: Yosefina

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar