Translate

Menyongsong HUT RI Ke-77 Distrik Mimika Baru Gelar Lomba Tarian Seka, Kelurahan Otomona Juara Satu

Bagikan Bagikan
Salah satu peserta lomba tarian Seka yang digelar Distrik Mimika Baru (Foto:salampapua.com/Yosefina)

SALAM PAPUA (TIMIKA) - Pemerintah Distrik Mimika Baru menggelar lomba tari seka tingkat kelurahan dan kampung se-Distrik Mimika Baru di Graha Eme Neme Yauware, Jumat (12/8/2022), dalam rangka menyongsong HUT RI ke-77.

Kegiatan ini dibuka oleh Asisten III Setda Mimika Bidang Administrasi Umum dan Kesejahteraan Rakyat, Hendritte Tandiyono yang ditandai dengan pemukulan tifa.

Semua peserta tampil mengenakan kostum yang menarik. Mereka begitu semangat menampilkan tarian seka dengan berbagai kreasi di hadapan juri, tamu undangan dan banyak penonton dengan durasi 10 menit. Durasi ini sudah ditetapkan panitia lomba.

Semua orang yang menyaksikan lomba tarian seka itu pun bertepuk tangan dan bersorak gembira.

Sementara perlombaan itu dinilai oleh tiga juri yakni Thomas Mutaweyao, Anderian Waromi, dan Yulens Waromi.

Setiap kampung dan kelurahan mengutus 13 penari untuk tampil. Peserta yang tampil pertama dari Kelurahan Timika Indah, menyusul Kelurahan Wanagon, Kwamki, Sempan, Otomona, Dingo Narama, Koperapoka, Pasar Sentral dan Kelurahan Timika Jaya, Ibu-Ibu PKK dari Distrik Mimika Baru, kemudian peserta dari Kampung Hangaitji, Kelurahan Perintis dan Kelurahan Kebun Sirih.

Ada dua kampung di wilayah Distrik Mimika Baru yang tidak ikut dalam lomba tersebut yakni Kampung Ninabua dan Kampung Nayaro.

Kegiatan itu juga turut dimeriahkan oleh tarian kreasi dari Sanggar Pemuda-Remaja Gorong-Gorong dan tarian bebas dari peserta, panitia, tamu undangan dan penonton.

Pada kesempatan itu panitia juga menggelar kuis yang tidak hanya diikuti peserta tapi juga semua penonton yang hadir saat itu. Penjawab tercepat mendapat hadiah yang sudah disediakan panitia.

Di akhir acara Ketua Dewan Juri Thomas Mutaweyao mengumumkan pemenang lomba seka, di mana yang berhasil meraih juara 1 adalah Kelurahan Otomona, sedangkan untuk juara 2 dari Kelurahan Dingo Narama dan juara 3 Kelurahan Koperapoka. Sementara juara favorit diraih kelompok PKK Distrik Mimika Baru.

Sekretaris Distrik Mimika Baru Melkianus Sedek Snae saat menyerahkan hadiah piala dan uang pembinaan kepada Lurah Otomona Farida sebagai perwakilan dari peserta yang meraih juara satu lomba seka (Foto:salampapua.com/Yosefina)

Pada kesempatan itu diumumkan juga pemenang lomba gaplek yang sebelumnya telah digelar di Kantor Distrik Mimika Baru, yakni juara 1 diraih Kelurahan Timika Jaya, juara 2 Kelurahan Perintis dan juara 3 Kelurahan Kwamki.

Setelah pengumuman juara dilakukan penyerahan hadiah berupa piala dan uang pembinaan kepada peserta yang meraih juara satu, dua dan tiga.

Sekretaris Distrik Mimika Baru, Melkianus Sedek Snae dalam sambutannya saat menutup seluruh rangkaian kegiatan lomba itu mengapresiasi semua peserta yang begitu antusias mengikuti perlombaan tersebut.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah mengurus semua persiapan dan mengatur kegiatan perlombaan tersebut sehingga terlaksana dengan sukses.

Ia berharap perlombaan ini menjadi ajang melestarikan tarian Seka yang merupakan tarian khas adat Kamoro agar tidak tenggelam dari begitu banyak budaya luar yang masuk di Tanah Papua.

“Mudah-mudahan tarian seka ini tidak hanya dikenal di Mimika tapi juga di seluruh Papua, Indonesia bahkan terkenal di dunia internasional,” ucapnya.

Wartawan: Yosefina

Editor: Jimmy

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar