Translate

Politeknik Amamapare Timika Ikut Dalam Deklarasi APRIJA di Universitas Gajah Mada

Bagikan Bagikan
Situasi pelaksanaan Deklarasi APRIJA di kampus UGM Yogyakarta (Foto:Istimewa)

SALAM PAPUA (YOGYAKARTA) - Politeknik Amamapare Timika terlibat langsung dalam deklarasi berdirinya Asosiasi Program Studi Rekayasa Internet dan Komputer Jaringan (APRIJA) yang digelar di Ballroom Gedung Teaching Industry Learning Center (TILC) Sekolah Vokasi Unversitas Gajah Mada (SV UGM), Yogyakarta, Selasa (9/8/2022) lalu.

Koordinator kegiatan deklarasi APRIJA, Dr. Roland Adrian,S.T,M.Eng, sekaligus sebagai Ketua Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Internet SV UGM menyatakan bahwa Asosiasi Program Studi Rekayasa Internet dan Komputer Jaringan terbentuk karena adanya kesamaan rumpun ilmu program studi sejenis di Indonesia.

Asosiasi Program Studi Rekayasa Internet dan Komputer Jaringan hadir dimaksudkan untuk berkontribusi dalam menciptakan sinergitas kurikulum secara nasional melalui kerjasama bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

“Asosiasi ini terbentuk karena berkaca tahun lalu kita agak kesulitan untuk mengikuti kurikulum APTIKOM sehingga kita berpikir untuk ‘bagaimana caranya mendesain kurikulum yang lebih dekat dengan industri," ungkap Ronald.

Dalam deklarasi APRIJA ini tampak hadir Wakil Dekan Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Sekolah Vokasi, Ketua Departemen, Sekretaris Departemen, Ketua Program Studi, Kepala Laboratorium, Dosen, Tendik dan mahasiswa di lingkungan Departemen Teknik Elektro dan Informatika Sekolah Vokasi UGM.

Turut hadir Ketua Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Padang, Ketua Program Studi Teknologi Rekayasa Internet PENS Surabaya, Koordinator Program Studi Teknologi Rekayasa Internet Politeknik Amamapare Timika, Ketua Program Studi Teknologi Rekayasa Komputer Jaringan Universitas Bung Hatta, Ketua Program Studi Teknologi Rekayasa Komputer Jaringan Politeknik Negeri Tanah Laut, Ketua APTIKOM Pusat, Ketua APTIKOM Yogyakarta, Direktur PT. SIMS, Technical Manager Asia Pacific Cisco, dan Ketua Prodi Teknologi Rekayasa Komputer Politeknik Payakumbuh.

Selain melakukan deklarasi, Departemen Teknik Elektro dan Informatika (DTEDI) Sekolah Vokasi UGM yang menjadi tuan rumah kegiatan ini juga mengadakan seminar “Evolusi Internet (Networks, Services, Engineer’s Roles, and Research Opportunity)” dengan narasumber Direktur Life Media, Eka Indarto, S.T., M.Eng.

Dalam wawancara terpisah, Direktur Politeknik Amamapare Timika, Ir. Herman Dumatubun,S.T,M.T mengungkapkan bahwa keikutsertaan Politeknik Amamapare Timika, khususnya melalui Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Internet, merupakan kebutuhan terkini kampus berbasis teknologi terapan di Kabupaten Mimika ini sebagai peningkatan kerjasama dengan perguruan tinggi sejenis dalam memperkuat tugas Tri-Dharma Perguruan Tinggi, sekaligus sebagai perwujudan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM).

Herman juga mengatakan bahwa dalam waktu dekat Politeknik Amamapare Timika akan menandatangani kesepakatan kerjasama (MoU) dengan Sekolah Vokasi UGM.

“Kami sangat bersyukur dapat mewakili kampus vokasi di tanah Papua yang menjadi bagian dalam deklarasi tersebut, karena ini memang merupakan kebutuhan terkini di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0, khususnya untuk Prodi S1 Terapan Teknologi Rekayasa Internet yang baru saja dibuka dan akan memulai proses belajar-mengajarnya pada bulan Agustus 2022 ini. Kami juga akan segera melakukan penandatangan MoU dengan SV UGM untuk peningkatan Tri-Dharma Perguruan Tinggi dan kegiatan-kegiatan penunjang lainnya sebagai bagian dalam perwujudan MBKM untuk semua Program Studi di Politeknik Amamapare Timika. MoU-nya sudah disetujui bersama tinggal mengatur waktu untuk penandatanganan,” ujar Herman.

Wartawan/Editor: Jimmy

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar