Translate

Presiden Jokowi Resmikan Papua Football Academy di Jayapura, Membangun SDM di Papua

Bagikan Bagikan
Presiden Jokowi saat meresmikan Papua Football Academy di Jayapura, Rabu (31/8/2022) (Foto:Istimewa)

SALAM PAPUA (JAYAPURA) – Dalam rangka kunjungan kerjanya di Papua, Presiden RI Ir. H. Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo meresmikan Papua Football Academy (PFA) yang bertempat di Stadion Lukas Enembe Kampung Harapan Kabupaten Jayapura, Rabu (31/8/2022).

Melalui rilis Humas Polda Papua yang diterima Salam Papua, disebutkan turut hadir dalam kegiatan tersebut adalah Presiden Direktur PT. Freeport Indonesia (PTFI) Tony Wenas, Sekda Provinsi Papua Dr. Muhammad Ridwan Rumasukun, S.E.,M.M., Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjend TNI Teguh Muji Angkasa, S.E., M.M., Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, S.I.K., Pangkoarmada III Laksda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP., M.Tr. Opsla., Danlantamal X Jayapura Brigjen TNI (MAR) Feryanto Pardamean Marpaung, dan siswa PFA sebanyak 30 orang serta tamu undangan dan pelajar SMP/SMA sekitar 3.000 orang.

Dalam sambutannya Presiden RI mengatakan, pada bulan November tahun lalu, dirinya meminta komitmen PT Freeport Indonesia untuk pembangunan SDM di Tanah Papua dan meminta agar fasilitas-fasilitas yang telah digunakan PON dirawat dengan baik.

“Saya juga minta dibangun Papua Football Academy dan hari ini sudah terwujud,” ucap Presiden Jokowi.


Lebih lanjut, Presiden Jokowi menambahkan bahwa Tanah Papua telah melahirkan talenta-talenta berbakat. Banyak putra-putra berbakat Papua yang bersinar di dunia Sepak Bola Tanah Air. Papua Football Academy akan menjadi wadah generasi sepak bola di Tanah Papua.

“Saya berharap anak-anak di Papua Football Academy memanfaatkan dengan baik kesempatan yang telah diberikan untuk menimba ilmu di bidang Sepak Bola ini,” ungkap Presiden Jokowi.

Pada kesempatan itu, Presiden Direktur PTFI Tony Wenas mengatakan bahwa pihaknya mendapatkan amanat dari Presiden RI untuk membangun Papua Football Academy, karena hal itu merupakan tujuan PTFI untuk menumbuhkan Olahraga Academy di Papua, terbukti pada saat pelaksanaan PON XX di Papua.

“Academy ini tidak hanya melatih dari sisi teknis sepak bola, namun juga pembentukan karakter anak,” tuturnya.

Diketahui, saat ini sudah ada 30 anak yang akan dididik melalui Papua Football Academy. Mereka ini merupakan hasil seleksi dari 477 orang anak, yang diharapkan ke 30 anak-anak tersebut bisa dididik dengan maksimal, serta pembinaan dari pelatih profesional untuk menjadi pemain sepakbola yang handal di masa yang akan datang.

Wartawan: Acik

Editor: Jimmy

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar