Translate

Ribuan Warga Meriahkan Karnaval Sambut HUT RI Ke-77 di Mimika

Bagikan Bagikan
Bupati Mimika Eltinus Omaleng,S.E,M.H saat melepas peserta Karnaval menyambut HUT RI ke-77 di Kabupaten Mimika (Foto:salampapua.com/Jefri)

SALAM PAPUA (TIMIKA) - Ribuan Warga Mimika yang terdiri dari tingkat pelajar dan kalangan umum ikut memeriahkan Karnaval dalam rangka menyambut hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia ke-77.

Adapun jumlah peserta yang mengikuti kegiatan karnaval budaya ini sebanyak 116 kontingen yang terdiri dari 31 TK, 37 SD, 12 SMP, 8 SMA/SMK, dan 28 dari kalangan umum.

Peserta Karnaval dilepas secara resmi oleh Bupati Mimika Eltinus Omaleng,S.E,M.H di pelataran gedung Eme Neme Yauware Timika, Senin (15/8/2022).

Bupati Omaleng pada kesempatan itu berpesan kepada seluruh peserta agar mengikuti karnaval dengan bersukacita dan penuh semangat untuk memeriahkan HUT RI ke-77 di Kabupaten Mimika.

"Kepada peserta tetap semangat. Tapi jalan pelan-pelan saja. Hati-hati di jalan sampai kembali lagi ke sini (Gedung Eme Neme). Merdeka! Merdeka!," seru Bupati Omaleng saat melepas rombongan peserta karnaval.

Selanjutnya, ribuan rombongan peserta mulai bersorak-sorai dengan menampilkan berbagai pertunjukan atraksinya dengan berjalan kaki melalui rute yang telah ditetapkan Panitia HUT RI ke-77 di Kabupaten Mimika.

Untuk rute pawai dalam karnaval budaya ini terbagi menjadi tiga jalur berdasarkan tingkat sekolah. Khusus untuk rombongan TK dimulai dari Graha Eme Neme menuju ke ujung Jalan Belibis, kemudian memutar kembali ke Gedung Eme Neme.

Untuk SD dan SMP, dari graha Eme Neme berjalan melalui Jalan Budi Utomo, lalu ke jalan Cendrawasih, jalan Yos sudarso, kemudian menuju jalan Belibis, dan kembali ke Gedung Eme Neme.

Sementara untuk peserta SMA/SMK dan kalangan masyarakat umum, start dari Eme Neme Yauware, melintasi jalan Budi Utomo, lalu ke jalan Cendrawasih, kemudian ke jalan Yos sudarso, menuju  jalan Pendidikan, dan kembali ke jalan Budi Utomo menuju Gedung Eme Neme.

Para peserta nantinya akan dinilai oleh tim juri yang ditempatkan di beberapa titik untuk memantau dan menilai penampilan para peserta dari awal mulai start hingga finish kembali ke Gedung Eme Neme.

Wartawan: Jefri Manehat

Editor: Jimmy

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar