Translate

Upacara Peringatan HUT RI ke-77 di Mimika Berlangsung Khidmat

Bagikan Bagikan

 

Aparat TNI dan Polri yang mengikuti upacara
peringatan HUT RI ke-77 di Lapangan Upacara
Kantor Pusat Pemerintahan
Kabupaten Mimika.
(Foto: Istimewa)
SALAM PAPUA (TIMIKA) - Upacara bendera memperingati hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan Negara Republik Indonesia (RI) ke-77 pada Rabu (17/8/2022) di lapangan upacara Kantor Pusat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika berlangsung khidmat.

Bupati Mimika yang bertindak sebagai Inspektur Upacara pada kesempatan itu memasuki  lapangan upacara pada Pukul 09.09 WIT.

Upacara HUT RI kali ini  dikomandani Kapten Czi Muh Irzal M, dari Satuan Kodim 1710/Mimika.

Kemudian untuk Anggota Paskibra pada kesempatan itu yang bertindak sebagai pembawa baki bendera merah putih adalah Marlin Santiana Tenawe, petugas pengibar bendera posisi tengah Muh. Alvin Ardiansyah, kiri Elmenero H.K Tanlain dan kanan Fransiskus X.F.K. Zonggonau.

Hadir juga dalam kesempatan itu Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob beserta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) lainnya, pimpinan OPD lingkup Pemkab Mimika, pimpinan BUMN, perwakilan dari perusahaan-perusahaan swasta, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan tamu undangan lainnya.

Setelah upacara dilakukan foto bersama dan penyerahan hadiah kepada peserta karnaval budaya dan karnaval mobil hias yang meraih juara.

Bupati Mimika, Eltinus Omaleng ditemui usai upacara menyampaikan perayaan HUT RI kali ini berjalan dengan sangat baik karena didukung dengan cuaca yang baik.

Ia menyebutkan sebagai bukti mengisi kemerdekaan Pemkab Mimika telah menjalankan pembangunan dengan maksimal sehingga visi dan misi bupati dan wakil bupati hampir tercapai.

"Visi dan misi pembangunan seperti infrastruktur, kemudian kesehatan dan pendidikan sudah  hampir sampai titik terakhir, artinya tinggal dua tahun lagi sudah selesai,” ucapnya.

Diapun mengapresiasi antusias masyarakat dalam menyemarakan HUT RI di Mimika mulai dari lomba karnaval sampai upacara bendera hari ini. 

Sementara itu Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob mengajak masyarakat Mimika memaknai perayaan HUT RI ini dengan merenungkan dan meresapi serta menghayati perjuangan pahlawan yang gugur di medan perang untuk memperjuangkan kemerdekaan.

“Kita juga harus mengucapkan terimakasih kepada semua mereka yang telah berjasa untuk Kabupaten Mimika sehingga kita bisa hadir sampai saat ini,” ujarnya.

Ia berpesan agar semua masyarakat tetap semangat dalam kebangsaan dan nasionalisme serta harus bangga bahwa Indonesia adalah Presiden G20 dan tahun depan akan menjadi Ketua ASEAN.

Berarti semua negara sudah mempercayakan Indonesia secara global, untuk itu secara khusus di Mimika pemerintah harus membangun kepercayaan agar masyarakat betul-betul merasa merdeka .

"Sebagai pemerintah harus betul-betul melayani, melaksanakan, menginventaris apa yang diinginkan oleh masyarakat sehingga bisa mewujudkan visi misi bupati dan wakil bupati mewujudkan masyarakat Mimika yang cerdas, aman dan sejahtera,” pungkasnya.

Wartawan: Jefri Manehat/Yosefina
Editor: Yosefina
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar