Translate

Yulius O. Lopo, Wartawan Senior Salam Papua Meninggal Dunia Karena Sakit

Bagikan Bagikan
Yulius O. Lopo (Dok:salampapua.com)

SALAM PAPUA (TIMIKA) – Wartawan senior sekaligus Pimpinan Redaksi (Pimred) di salampapua.com, Yulius Oktovianus Lopo Meninggal Dunia sekira pukul 17.25 WIT di RSUD Mimika, Sabtu (27/8/2022).

Wartawan Senior ini meninggal dunia di usia 58 karena sakit.

“Bapa rasakan jantungnya sakit dan sesak nafas sudah mulai pukul 15.00 WIT. Makanya pukul 17.00 WIT, saya dan Tante langsung hantar ke RSUD,” kata Indah, putri Almarhum.

Direktur Surat Kabar Harian Timika Express (Timex) yang juga merupakan wartawan senior di Timika dan kerabat Almarhum, Marthen L. Moru menyampaikan bahwa almarhum Yulius merupakan salah satu Jurnalis yang paling senior di Timika. Mulai berkecimpung di dunia media di Timika di tahun 2000, akan tetapi sebelumnya pernah bergabung di Indopers (kompas grup) di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan posisi sebagai manajer produksi. Selanjutnya, pindah ke Bandung dan menjadi Pimred Metro Bandung, kemudian pindah ke Timika.

“Waktu beliau keluar dari Metro Bandung, kami pindah sama-sama ke Timika di Bulan Juli tahun 2000. Beliau tergolong jurnalis senior di Timika,” ungkap Marthen saat melayat Jenazah almarhum Yulius Lopo di RSUD Mimika ketika diwawancarai salampapua.com sekira pukul 19.56 WIT.

Disampaikan, pada tahun 2000, almarhum bergabung di Timika Pos, kemudian sempat bergabung di Timex. Almarhum juga pernah membentuk media Televisi yaitu Golden TV, dan kemudian bergabung ke Salam Papua, hingga akhirnya tutup usia. Namun, sebelumnya juga sempat menjadi pimpinan salah satu media televisi di Jayapura.

“Almarhun memang sudah senior di media. Jadi kita sebagai rekan-rekannya sangat kehilangan dan sangat berduka dengan kepulangan beliau ke sisi Tuhan,” tuturnya.

Di samping itu, Redaktur salampapua.com, Jimmy, serta sekaligus mewakili owner dan seluruh tim redaksi salampapua.com menyampaikan turut berduka yang mendalam atas meninggalnya wartawan senior Yulius O. Lopo.

Ada banyak karya jurnalis yang kritis dan objektif yang telah ditorehkan lewat jari tangannya dalam memberikan tanggapan positif dan konstruktif atas berbagai isu yang terjadi di masyarakat maupun terkait kebijakan pemerintah.

“Atas nama owner dan seluruh tim redaksi, saya menyampaikan duka yang mendalam dan kami sungguh kehilangan sosok jurnalis senior yang militan. Semoga keluarga besar dan anak-anak yang ditinggalkan diberi penghiburan dan kekuatan dari Tuhan Yang Maha Kuasa,” ujarnya.

Wartawan: Acik

Editor: Jimmy

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar