Translate

Bupati Eltinus Omaleng Diamankan KPK di Jayapura, Warga Timika Diminta Bantu TNI-Polri Jaga Keamanan

Bagikan Bagikan
Tangkapan layar video yang beredar diduga terkait situasi saat Bupati Mimika Eltinus Omaleng diamankan KPK di Jayapura (Dok:salampapua.com)

SALAM PAPUA (TIMIKA) – Menyusul beredarnya informasi disertai foto dan video terkait dugaan Bupati  Eltinus Omaleng yang diamankan KPK di Jayapura, masyarakat Mimika diminta agar membantu TNI-Polri dalam menjaga situasi Kamtibmas.

Kapolres Mimika AKBP I Gede Putra,S.H,S.I.K mengaku telah menerima perintah dari Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri agar melakukan upaya antisipasi terjadinya dampak-dampak di Timika pasca adanya kegiatan KPK di Jayapura.

“Adapun kegiatan KPK di Jayapura yang kemudian Kapolda perintahkan ke Polres Mimika untuk mengantisipasi dampak-dampak yang bisa muncul. Situasi di Mimika hingga pukul 17.00 WIT relatif kondusif,” ungkap AKBP Putra, Rabu (7/9/2022).

Polres Mimika telah melakukan koordinasi bersama seluruh Komandan kesatuan yang ada di Timika, baik Batalyon Brimob maupun TNI agar bersama-sama melakukan upaya antisipasi dimaksud.

Dirinya pun mengimbau kepada seluruh masyarakat agar bersama-sama menjaga situasi di Mimika.

“Proses hukum tetap berjalan dan semuanya harus menghormati itu. Mari kita sama-sama menjaga situasi supaya Timika tetap aman,” ujarnya.

Sedangkan Anggota Organisasi Kaum Intelektual Amungme dan Kamoro (Okia), Perion Janampa menyampaikan agar dalam situasi apapun seluruh masyarakat Mimika harus menjalin kerjasama dengan pihak keamanan.

Menurut dia, semua masyarakat tidak perlu membuat satu opini tersendiri pada satu kejadian, sehingga membuat warga lainnya menjadi tidak tenang. Demikian juga dengan persoalan Bupati Omaleng yang diamankan KPK di Jayapura.

“Contohnya saja Kapolres membuka diri untuk kita saling komunikasi. Berarti apapun masalahnya harus dikomunikasikan dengan baik tanpa membuat suatu gerakan yang mengganggu keamanan di Timika,” kata Perion.

Sedangkan ketika dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp terkait kebenaran informasi tersebut, Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Drs Ahmad Musthofa Kamal menjelaskan bahwa Bupati Eltinus Omaleng saat ini berada di Mako Brimob Polda Papua.

“Di Mako Brimob (Polda Papua), silahkan langsung ke Jubir KPK,” ujarnya singkat.

Saat Salam Papua meminta konfirmasi ke Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri terkait hal ini, hingga berita ini diluncurkan belum ada respon.

Wartawan: Acik

Editor: Jimmy

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar