Translate

Komitmen Percepatan Capai SDGs, Pemkab Mimika Ajak Pelaku Pembangunan Non Pemerintah

Bagikan Bagikan
Pemerintah Kabupaten Mimika saat menggelar diskusi sembari mengajak pelaku pembangunan non Pemerintah di Mimika dalam percepatan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (Foto:salampapua.com/ Jefri)

SALAM PAPUA (TIMIKA) - Pemerintah Kabupaten Mimika sangat berkomitmen dalam rencana aksi daerah (RAD) untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goals (SDGs).

Sekretaris Bappeda Yosep Manggara, Kamis (15/9/2022), mengatakan bahwa komitmen Pemerintah Kabupaten Mimika dalam percepatan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan sudah terlihat sejak tahun 2021 sebagai awal dalam pelaksanaan RAD SDGs.

Sebagai tahap awal telah dibentuk tim pelaksana yang memiliki SK Bupati Mimika, selanjutnya tim menyusun rencana aksi daerah yang disesuaikan dengan rencana kerja jangka menengah daerah (RPJMD) Kabupaten Mimika tahun 2020-2024.

"Ini karena masih awal jadi kita masih dalam tahap sosialisasi, membuka ruang diskusi sambil mengajak dunia usaha provide maupun non provide untuk sama-sama mengambil peran dalam percepatan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan. Sebelumnya kita (Pemerintah) hanya menggandeng pihak non pemerintah secara terbatas yang dianggap mewakili dunia usaha seperti PTFI dan dunia filantropi dalam hal ini YPMAK, namun kita menyadari bahwa untuk memaksimalkan ini semua dan agar program yang dijalankan tidak tumpang tindih, kita perlu menggandeng pihak non pemerintah yang lebih banyak lagi untuk kita sama-sama keroyokan apa yang menjadi indikator dalam SDGs tersebut, mengingat SDGs tingkat Kabupaten/Kota, Mimika merupakan Kabupaten yang melaksanakan SDGs, sehingga ini harus lebih baik agar bisa menjadi role model bagi daerah lain," terang Yosep.

Menurutnya, banyak perusahaan Provide dan non Provide sudah melaksanakan pembangunan tujuan berkelanjutan hanya saja belum terdokumentasi.

"Ketika semua programkan mereka terdokumentasi secara baik, maka kita dapat memetakan perusahaan ini melaksanakan apa dan berbuat apa sesuai dengan indikator-indikator yang menjadi tujuan kita," ujarnya.

Wartawan: Jefri Manehat

Editor: Jimmy

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar