Translate

Kompolnas Hadir di Timika, Kawal dan Lihat Langsung TKP Kasus Mutilasi 4 Warga Nduga

Bagikan Bagikan
Sekretaris Kompolnas Irjen Pol. (Purn) Dr. Benny Josua Mamoto,S.H,M.Si saat hadir di Timika didampingi Kapolres Mimika AKBP I Gede Putra,S.H,S.I.K (Foto:salampapua.com/Acik)

SALAM PAPUA (TIMIKA) – Sekretaris merangkap Anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Irjen Pol. (Purn) Dr. Benny Josua Mamoto,S.H,M.Si didampingi Kapolres Mimika AKBP I Gede Putra,S.H,S.I.K hadir dan melihat langsung TKP pembunuhan (Mutilasi) terhadap 4 warga Nduga dan terduga melibatkan oknum anggota TNI AD.

Saat diwawancarai awak media di Timika, Irjen Pol. (Purn) Benny menyampaikan bahwa dirinya melihat langsung TKP awal untuk mendapatkan gambaran serta akan menerima gelar perkara, supaya mengetahui secara pasti posisi kasusnya.

“Kami dari Kompolnas kunjungi Timika dalam rangka melakukan supervisi penanganan kasus pembunuhan yang terjadi beberapa waktu lalu. Kami mengawal kasus ini, agar penanganannya betul-betul profesional. Hari ini kami langsung ke satu TKP kejadiannya yang di Jalan Budi Utomo Ujung (Timika), dan sebentar kami akan menerima gelar perkara,” kata Benny, Jumat (2/9/2022).

Kompolnas berkomitmen mendorong sesegera mungkin, apabila sudah cukup pembuktiannya, segera dilimpahkan ke kejaksaan agar masyarakat bisa mengikuti dalam persidangan terkait apa yang sesungguhnya terjadi.

“Kami usahakan untuk bisa hadir rekontruksi,” katanya.

Irjen Pol (Purn) Benny menilai, penanganan kasus mutilasi yang ditangani Polres Mimika sangat bagus. Dimana ternyata pengungkapan ini menggunakan pendekatan secara Scientific Crime Investigation (SCI), disamping keterangan para saksi dan tersangka.

Menurut dia, koordinasi antar TNI-Polri dalam penanganan kasus ini juga sangat bagus. Dalam hal ini terlihat bagaimana teknis pemeriksaan tersangka di Polres, dan bagaimana teknis pemeriksaan tersangka yang ada di pihak Den POM.

“Saya memberikan apresiasi yang  tinggi atas pengungkapan kasus ini,” ujarnya.

Kompolnas mengharapkan adanya sinergi antar pihak penyidik dan POMDAM bisa berjalan dengan lancar, sehingga proses ini secepatnya dilimpahkan ke Pengadilan.

Dalam kesempatan ini, Dirinya juga berharap agar sinergi antar TNI-Polri tetap terjaga, karena bagaimana pun TNI-Polri merupakan garda terdepan dalam rangka menangani masalah keamanan, perlindungan kepada masyarakat.

“Kehadiran TNI-Polri ini sangat diperlukan,” tutupnya.

Wartawan: Acik

Editor: Jimmy

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar