Translate

Pemkab Mappi Terima Penghargaan Program Pembagian 10 Juta Bendera Merah-Putih Kemendagri

Bagikan Bagikan
Penjabat Bupati Mappi Michael Rooney Gomar,S.STP,M.Si saat menerima penghargaan sertifikat Rekor Muri untuk gerakan pembagian 10 juta nendera Merah-Putih (Foto:Istimewa)

SALAM PAPUA (TIMIKA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mappi menerima penghargaan dari Kementeriaan Dalam Negeri (Kemendagri) RI sebagai salah satu daerah yang telah melaksanakan program pembagian 10 juta bendera Merah-Putih pada bulan Agustus 2022 lalu dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-77.

Dalam rilis yang diterima Salam Papua, Senin (5/9/2022) sore, disampaikan bahwa penghargaan tersebut diberikan kepada Penjabat Bupati Mappi, Michael Rooney Gomar,S.STP, M.Si di ruang Sasana Bhakti Praja Gedung C Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Senin (5/9/2022), dalam acara penyerahan sertifikat Rekor Muri untuk gerakan pembagian 10 juta bendera Merah-Putih.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian, Wakil Menteri Dalam Negeri, John Wempi Wetipo, Dirjen Politik dan PUM, Dr. Drs Bahtiar, Sekjen Kemendagri, Dr. H. Suharja Diantoro, Pendiri Museum Rekor Indonesia (Muri) Jaya Suprana serta kepala daerah provinsi dan kabupaten/kota yang mendapatkan penghargaan tersebut.

Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karvania mengapresiasi langkah kepala daerah dalam menyukseskan kegiatan tersebut.

"Pagi ini kita memberikan penghargaan kepada Instansi di antaranya BNPT dan juga pemerintah daerah yang mendukung gerakan pembagian 10 juta bendera Merah-Putih dalam rangka peringatan HUT RI ke-77," ungkapnya.

Ia menuturkan, penghargaan tersebut diberikan langsung kepada kepala daerah yakni dari gubernur dan bupati.

"Awalnya gerakan ini kita tidak rencanakan secara penuh, kita laksanakan secara spontan dalam rangka membangun dan membangkitkan wawasan kebangsaan. Negara kita adalah negara yang plural tetapi kita bersatu, oleh karena itu begitu ada kegiatan ini kita bergerak namun ternyata antusiasme dari semua kalangan baik pemerintah pusat lebih khusus pemerintah daerah luar biasa sekali. Ditambah lagi dukungan masyarakat yang secara spontan mereka membagikan dan mengibarkan bendera Merah-Putih di seluruh wilayah Indonesia," katanya.

Ia menjelaskan awalnya hanya 10 juta bendera tetapi karena semangat semua masyarakat Indonesia maka ada 12 juta lebih bendera yang berhasil dibagikan dan dikibarkan di seluruh Indonesia.

"Selain kami memberikan penghargaan kepada kepala daerah, dari museum rekor Muri Indonesia juga memberikan penghargaan kepada Kemendagri," ucapnya.

Mendagri menyebutkan, menurut Pendiri Rekor Muri, Jaya Suprana, kegiatan ini bukan hanya pembagian bendera terbesar di Indonesia tetapi ini terbesar di Dunia karena dibagikan oleh semua kalangan.

Menurut mantan Kapolri ini, kegiatan tersebut akan membangkitkan kembali semangat dan memotivasi semua masyarakat Indonesia untuk merawat kesatuan bangsa sebagai negara yang plural, negara yang beragam.

“Keragaman itulah menjadi kekayaan kita, kita harus tetap bersatu, tetap solid agar bangsa kita bisa survive dan bisa menjadi pemain penting dalam percaturan dunia," tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Penjabat Bupati Mappi, Michael Rooney Gomar, S.STP, M.Si mengatakan, piagam penghargaan dari Kemendagri merupakan wujud solidaritas kebersamaan rasa cinta tanah air dan Bangsa Indonesia dari seluruh masyarakat Kabupaten Mappi.

"Mari kita bergandengan tangan bersama membangun Kabupaten Mappi yang kita cintai. Kita tingkatkan terus rasa cinta tanah air dengan motto ‘sa cinta Papua, sa cinta Indonesia’. Mari kita jaga keutuhan Bhinneka Tunggal Ika dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia. Penghargaan ini dipersembahkan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Mappi, Provinsi Papua Selatan. Terimalah salam dari mami masyarakat Kota Sejuta Rawa, Usubi Yohokuda-Tako Bayaman yang artinya damai, bersehati dan saling melayani,” ucapnya.

Wartawan: Yosefina

Editor: Jimmy

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar