Translate

Tekan Laju Inflasi, Warga Mimika Diajak Manfaatkan Lahan Pekarangan Untuk Bercocok Tanam

Bagikan Bagikan
Laiko Fredy Laly (Foto:salampapua.com/Yosefina)

SALAM PAPUA (TIMIKA) - Warga Kabupaten Mimika diajak memanfaatkan lahan pekarangan untuk  bercocok tanam cabai, bawang dan sayur-sayuran.

Hasil dari bercocok tanam ini selain dapat membantu memenuhi kebutuhan juga dapat menghemat pengeluaran belanja sehari-hari mengingat cabai dan bawang kerap mengalami kenaikan harga. Ajakan ini juga bertujuan untuk menekan inflasi.

“Masyarakat perlu berperan serta menekan laju inflasi dengan memanfaatkan pekarangan untuk menanam cabai, bawang, sayur-sayuran yang kerap mengalami kenaikan harga,” ungkap Kepala Sub Bagian Potensi dan Produksi Daerah Bagian Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Daerah Sekretariat Daerah Mimika, Laiko Fredy Laly saat ditemui wartawan di kantor Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mimika, Selasa (6/9/2022).

Ia mengungkapkan, dalam rangka mencegah tingginya inflasi di Mimika, Tim Penanggulangan Inflasi Daerah (TPID) yang dibentuk Pemerintah Kabupaten Mimika mulai mengawali tugasnya dengan mengambil data di lapangan terkait penyebab tingginya inflasi.

“Kemarin kita ada rapat di Bappeda dengan ibu Pj Sekda terkait inflasi Kabupaten Mimika. Ada beberapa imbauan yang disampaikan ibu Pj Sekda terkait mengendalikan laju inflasi yang semakin tinggi ini dan kami sudah mulai berjalan,” kata Laiko.

Ia menyebutkan pihaknya juga telah mengikuti kegiatan via zoom dalam rangka mendengar arahan dari beberapa Kementerian dan Kapolri tentang langkah-langkah strategis yang akan digunakan untuk menekan lajunya angka inflasi.

Menurut dia, ada berbagai faktor yang menjadi penyebab laju inflasi di Mimika, paling utama adalah harga bahan pokok, mulai dari sayur mayur, minyak goreng serta bumbu-bumbu yang menyebabkan kenaikan angka inflasi di Mimika sangat tinggi.

“Angka inflasi di Mimika dibandingkan Bulan Juli itu kita ada kenaikan. Sekarang ini di angka 0,48 dari 1,61. Jadi inflasi ini kita lihat pergerakannya semakin tinggi sehingga diharapkan kepada Pemda melalui tim inflasi untuk bisa sama-sama bekerja menekan laju angka inflasi ini,” jelas Laiko.

Wartawan: Yosefina

Editor: Jimmy

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar