Translate

Pemkab Mimika Gelar Rapat Dewan Smart City

Bagikan Bagikan
Situasi pelaksanaan Rapat Dewan Smart City Kabupaten Mimika (Foto:salampapua.com/JR)

SALAM PAPUA (TIMIKA) – Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menggelar Rapat Dewan Smart City Kabupaten Mimika yang dilaksanakan di salah satu hotel di jalan Cenderawasih Timika, Kamis (6/10/2022).

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Plt Bupati Mimika Johannes Rettob melalui Plh Sekda Mimika Willem Naa.

Dalam sambutannya, Willem Naa mengatakan, dewan smart city Kabupaten Mimika yang termuat di dalam SK Bupati Mimika dimana notabene unsur-unsurnya terdiri dari seluruh pimpinan OPD, namun dalam 1 tahun berjalan, dewan ini vakum.

Willem berharap melalui rapat ini dapat menghasilkan kesamaan persepsi agar program smart city dapat terlaksana dengan baik demi mewujudkan Visi-Misi Bupati dan Wakil Bupati Mimika.

“Laporan dari Diskominfo bahwa selama satu tahun ini pelaksanaan program smart city (di Kabupaten Mimika) tidak berjalan sebagaimana yang diharapkan. Untuk itu pada rapat kali ini, bersama narasumber yang kita undang, kita perlu mengevaluasi hal tersebut demi efektivitas kelanjutan program smart city dalam mewujudkan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati,” ungkap Willem yang selanjutnya dirinya membuka kegiatan tersebut dengan pemukulan tifa.

Di dalam rapat tersebut sebagian besar pimpinan OPD yang hadir mengungkapkan berbagai kendala dan sekaligus memaparkan usulan terkait upaya dalam mewujudkan program smart city di Kabupaten Mimika.

Sementara yang menjadi narasumber adalah Dr. tech. Wikan Danar Sunindyo, S.T, M.Sc, yang merupakan dosen Rekayasa Perangkat Lunak dan Pengetahuan di fakultas teknik elektro dan informatika Institut Teknologi Bandung.

Saat hadir di pertengahan kegiatan dan sekaligus menutup kegiatan ini, Plt Bupati Mimika Johannes Rettob,S.Sos,M.M mengatakan bahwa program smart city di Kabupaten Mimika sebenarnya telah ada sejak tahun 2016 namun memang dalam perjalanannya tidak terlaksana secara efektif dan kurang adanya perhatian khusus dari masing-masing OPD terkait dalam mensinkronkan program smart city dengan program kerja OPD-nya.

John Rettob juga sempat mengoreksi terkait fungsi dari rapat Dewan Smart City ini adalah untuk mengevaluasi kinerja tim pelaksana smart city di Kabupaten Mimika dan sekaligus memberikan rekomendasi-rekomendasi bagi terbentuknya regulasi bagi kelancaran pelaksanaan program smart city ke depan.

“Ke depan saya minta agar tim pelaksana program smart city dari masing-masing OPD agar menunjuk PIC-nya bukan ex officio lagi. Sebab jika ex officio (yang notabene adalah Kepala OPD) sebagai tim pelaksananya, dan kemudian jika orangnya diganti, maka pelaksanaan program smart city pasti tidak akan berjalan sebagaimana mestinya. Mungkin perlu direvisi SK Bupati-nya, supaya PIC yang ditunjuk dalam tim pelaksana tersebut dapat fokus bekerja dan bertanggungjawab dengan realisasi program smart city di Kabupaten Mimika,” tegas John.

Pantauan Salam Papua, turut hadir dalam rapat Dewan Smart City ini adalah sebagian besar pimpinan OPD, Direktur Politeknik Amamapare Timika, perwakilan Ketua STIE Jambatan Bulan, perwakilan dari Telkomsel Timika, dan beberapa tamu undangan lainnya.

Wartawan/Editor: Jimmy

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar