SALAM PAPUA (TIMIKA) - Komisi IX DPR RI yang memiliki lingkup tugas di bidang Kesehatan dan Ketenagakerjaan menyambangi Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) Timika milik YPMAK pengelola dana kemitraan PT Freeport Indonesia (PTFI) sebagai salah satu program CSR Kesehatan melalui Yayasan Charitas, yang bertempat di jalan poros SP 2- SP 5 Timika, Jumat (14/4/2023).

Rombongan Komisi IX DPR RI yang dalam kunjungan kerjanya dipimpin ketua Tim Emanuel Melkiades Laka Lena tersebut disambut baik pihak RSMM serta beberapa perwakilan dari PTFI.

Emanuel Melkiades Laka Lena yang merupakan Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar ini mengapresiasi para tenaga kesehatan yang bertugas di RSMM, yang telah bekerja keras dalam membantu Pemerintah dan didukung oleh PT Freeport Indonesia yang membantu masyarakat tujuh suku di Kabupaten Mimika dalam menjaga kesehatannya.

"Kami mendengar langsung dari teman-teman dokter tadi mengatakan bahwa Rumah Sakit Mitra Masyarakat ini merupakan rumah sakit yang sejak dulu menjadi rujukan bagi masyarakat kita Orang Asli Papua (OAP) di Timika ini, " kata Emanuel saat diwawancarai wartawan di RSMM, Jumat (14/4/2023).

Pihaknya juga mengapresiasi PT Freeport Indonesia dan YPMAK yang terus mendukung rumah sakit tersebut untuk melayani masyarakat tujuh suku dan warga Timika, serta mengapresiasi Pemerintah Daerah yang telah memberikan jaminan kesehatan melalui BPJS Kesehatan dan dapat bermitra dengan baik antara RSMM dan RSUD.

Dia menjelaskan, pelayanan di RSMM masih stabil semenjak dirinya ke Timika tahun 2005 lalu dan hal tersebut sangat baik agar ke depan menjadi model percontohan yang dilakukan PTFI untuk membantu masyarakat.

Sementara itu mewakili Direktorat Fasilitas Pelayanan Kesehatan dari Jakarta, Dr Aswan Usman mengatakan, pelayanan kesehatan yang bagus tersebut memiliki fasilitas sarana dan prasarana kesehatan yang lengkap dan juga memiliki SDM yang terampil.

“Kita lihat untuk fasilitas kesehatan dan SDM di RSMM ini sangat memadai jadi kita sangat mendukung RSMM ini untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat Papua,” ujarnya.

Sedangkan Jhon, salah satu keluarga pasien yang menjaga anggota keluarganya yang dirawat di RSMM, kepada salampapua.com juga memberikan apresiasinya terhadap pelayanan RSMM.

"Kami memang kalau sakit selalu ke sini dan penanganannya juga cepat. Istri saya baru satu hari di sini dan saya lihat sudah banyak kemajuan,” tuturnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy