ABTI Mimika Targetkan Raih Dua Emas Pada PON ke-XX

Bagikan Bagikan
Foto bersama usai pelantikan pengurus ABTI Mimika (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) – Asosiasi Bola Tangan Indonesia (ABTI) Mimika menargetkan dua emas pada perhelatan PON ke-XX yang akan diselenggarakan di Timika.

Sekretaris Umum ABTI Papua, Joice Singal mengatakan, target dua emas ini tentunya akan dipersembahkan oleh tim putra dan putri yang kelak akan bertanding bersama empat tim lain dari luar Papua.

“Tim yang akan berlaga saat PON nanti sebanyak enam, termasuk dari Provinsi Papua selaku tuan rumah. Ada dua nomor pertandingan yaitu putra dan putri. Kita targetkan dua emas. Atlet kita dari Timika ada dua orang dan saat ini keduanya sementara mengikuti TC mandiri di wisma atlet Mandala Jayapura. Selain dua atlet dari Mimika, ada juga 16 atlet putra dan 16 atlet putri yang dijaring dari seluruh Kabupaten di Papua. 90 persen atlet bola tangan kita asli Papua,”  ungkapnya usai pelantikan pengurus ABTI Mimika, Senin (8/2/2021).

Dijelaskan bahwa dengan adanya pelantikan pengurus ini, maka selanjutnya akan terus menjalin koordinasi agar ke depannya membentuk Panpel untuk bersama-sama bekerja demi keberhasilan ABTI di Mimika.

“Pengurus ABTI tingkat kabupaten untuk di Papua yang telah dilantik ada tiga yaitu Mimika, Kerom dan Kota Jayapura,” jelasnya.

Untuk test event sementara dikoordinasikan bersama SUP PB PON cluster Mimika. Namun telah diinformasikan bahwa agar test event bisa dilakukan bulan Mei ataupun Juni sebelum bulan puasa.

Hal yang sama juga disampaikan Sekretaris Umum ABTI Mimika, Ronny G.Kadun. Ia mengatakan bahwa targetkan dua emas menjadi tantangan berat bagi tuan rumah penyelenggara untuk mempersiapkannya.

“Makanya kami selaku pengurus ABTI minta dukungan dari KONI Mimika ataupun KONI Provinsi agar program kerja dan target bisa tercapai,” kata Ronny yang didampingi oleh Ketua Umum ABTI Mimika, Albert Luisdom.

Jumlah pengurus ABTI di Mimika pada tahun 2019 sebanyak 51 orang, akan tetapi seiring waktu telah ada beberapa pengurus yang tidak aktif, sehingga yang dilantik saat ini hanya sebanyak 22 orang.

Usai pelantikan ini tentunya dilanjutkan dengan pembentukan Panpel dan menentukan program kerja. Dalam program kerja tentunya akan difokuskan kepada pembinaan atlet serta mencari bibit unggul yang ada di Mimika dengan membentuk satu klub andalan dan selanjutnya mencari lawan tanding di daerah-daerah yang telah membentuk tim Cabor bola tangan.

“Kalau nanti kita sudah persiapkan atlet, maka dilanjutkan dengan memberikan training khusus dan tentunya tetap bekerja sama dengan ABTI Provinsi,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris SUB PB PON Cluster Mimika, Cessar Avianto Tuanya dalam sambutannya mengatakan bahwa pelantikan pengurus ABTI periode 2021-2023 ini merupakan penambahan satu  Cabor baru di Mimika. Dengan demikian, diharapkan setelah dilantik, loyalitas para pengurus sangat diperlukan agar bisa menghidupkan Cabor bola tangan ini, dan dapat memberikan sumbangsih untuk Papua dan Ibu Pertiwi.

“Kita targetkan dua emas, sehingga perlu adanya kerja sama dan komitmen untuk dipikirkan bentuk tim supaya bisa mengembangkan prestasi,” kata Cessar. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar