Tiga Kelompok Peternak di Mimika Dapat Ribuan Ayam Pedaging Siap Jual

Bagikan Bagikan
Drs. Leonardus Kocu bersama Yosefina Sampelino saat menyerahkan bantuan ayam pedaging kepada anggota salah satu kelompok peternak (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) –  Kelompok Peternak Suka Maju di Hasanuddin, Kelompok Peternak Mandiri di Kompleks SMP7 dan Kelompok peternak Anamo SP1 Timika menerima bantuan berupa ribuan ekor ayam pedaging siap jual.

Bantuan ini diberikam Anggota DPRD Mimika, Drs. Leonardus Kocu yang bekerja sama Dinas Peternakan Mimika.

“Untuk tiga kompok peternak ini sudah kita tentukan sejak beberapa waktu lalu sebagai penerima bantuan. Bantuan ini berupa 2.900 ekor ayam pedaging siap dijual. Untuk kelompok Suka Maju Hasanudin sebanyak 1000 ekor, kelompok Mandiri SMP 7 sebanyak 1000 ekor dan kelompok Anamo SP1 sebanyak 900 ekor,” ungkap Drs. Leonardus Kocu usai membagikan bantuan kepada kelompok peternak di gang Sesean jalan Hasanuddin Timika, Selasa (24/8/2021).

Di masing-masing kelompok beranggotakan 17 hingga 20 orang tersebut, didominasi oleh Mama-Mama Papua. Sejak DOC ayam didatangkan, hingga saat pembagian berlangsung baik karena tidak ada DOC yang mati.

Dia mengungkapkan, diharapkan ini bisa membantu masyarakat di saat pandemi saat ini. Mengingat usia ayam saat ini telah siap dijual, maka setiap anggota kelompok juga bisa menjualnya dengan harga yang sesuai harga pasaran.

“Pembagian ayam ini secara gratis untuk masyarakat pendukung. Mereka sempat tanya apakah ini dibayar atau tidak? Makanya saya sampaikan bahwa ini gratis sebagai ucapan terimakasih sekaligus mendukung dan menopang ekonomi masyarakat di saat pandemi covid-19 ini. Saya sangat bersyukur dengan kesediaan Dinas Peternakan membantu saya,” katanya.

Dia mengaku bantuan ini pun tidak akan berhenti hingga di sini. Ke depannya ia berkomitmen untuk mendorong kelompok-kelompok peternak yang ada agar bisa terus berkembang. Mengingat, kelompok-kelompok ini didominasi oleh kaum ibu, maka sangat mudah dibentuk.

“Ada juga pakan yang kita bagikan sebanyak 174 karung. Pokoknya semuanya kita bagikan semua tanpa sisa,” ujarnya.

Sedangkan Kepala Dinas Peternakan Mimika, Yosefina Sampelino mengatakan bahwa bantuan ini berdasarkan aspirasi dari Drs. Leonardus Kocu selaku anggota DPRD Mimika sebagai program pengembangan bagi masyarakat.

Jumlah ayam yang disalurkan sebanyak 2.900 ekor yang sebelumnya dipelihara Dinas Peternakan. Namun, DOC dan pakannya sebanyak 174 karung didatangkan bersamaan dari Jayapura dengan kualitas yang bagus. 

“Pada intinya kita selalu dukung program untuk membantu masyarakat khususnya yang tergabung dalam kelompok peternak. Diharapkan bantuan ini bisa menjawab keluhan masyarakat,” kata Yosefin. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar